Momentum HKN Kota Gorontalo, Fokus Menurunkan Angka Stunting dan Gizi Buruk

IMG-20221105-WA0006.jpg

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Yana Yanti Suleman (kiri) menghadiri Pencanangan HKN Ke-58 tahun 2022 Tingkat Kota Gorontalo.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Kota Gorontalo menggelar apel pencanangan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, Sabtu (05/11/2022) bertempat di Lapangan Buladu Kecamatan Kota Barat. Acara ini dirangkaikan dengan launching imunisasi Pneumococcal Conjugate Vacxine (PCV) dan imunisasi Human Papilomavirus (HPV).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Yanti Suleman yang hadir mengungkapkan agar peringatan HKN bukan hanya kegiatan rutin tapi menjadi momentum untuk meningkatkan integrasi program bersama lintas sektor terkait.

“Dimana kegiatan ini sebagai momen untuk memperkuat atau meningkatkan kolaborasi kita baik dengan dinas kesehatan itu sendiri, antar dinas, antar puskesmas maupun dengan lintas sektor terkait lain bahkan dengan forkopimda,” ungkap Yana.

Yana berharap dengan bersatunya seluruh elemen masyarakat bersama pemerintah dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Senam Pagi Bersama

“Harapan kami insya Allah kedepan masyarakat akan lebih sehat, lebih sejahtera dan tentunya pembangunan di bidang kesehatan akan mencapai tujuan yang kita inginkan bersama,” tutur Yana.

Walikota Gorontalo Marten Taha saat mencanangkan HKN menekankan agar jajaran kesehatan memanfaatkan momentum HKN harus menjadi tonggak pulih dan bangkit kembali setelah melewati masa pandemi covid-19.

“HKN ke-58 kita jadikan sebagai momentum untuk kita bangkit kembali menjadikan masyarakat yang sehat, menjadi lebih produktif sehingga dengan demikian ekonomi kita makin bangkit,” ujar Marten.

Marten juga berpesan kepada jajaran kesehatan agar semakin meningkakan pelayanan kepada masyarakat terutama fokus untuk menurunkan angka stunting dan mengurangi gizi buruk.

“Ini yang harus menjadi perhatian bagi para insan kesehatan bagaimana upaya-upaya kita lakukan, kebijakan yang telah ditentukan oleh kepala daerah melakukan tindakan-tindakan dalam rangka untuk mengurangi stunting,” pungkasnya.

Pada pencanangan HKN tingkat Kota Gorontalo diawali dengan senam bersama, jalan sehat, penyerahan alat antropometri, bantuan kepada anak stunting dan ibu hamil serta dilaksanakan berbagai lomba olahraga, ziarah ke makam insan kesehatan, pemeriksaan kesehatan massal, pelayanan KB dan edukasi kesehatan di sekolah.

Rilis : MD
Videografer : ILB
Foto : Zhya
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 2 =

scroll to top