Boalemo Jadi Daerah Terakhir Yang Disapa Ka’SaPa

IMG-20231122-WA0008.jpg

Duta Saka Bakti Husada Provinsi Gorontalo Oktaviana Bilqiis Otoluwa melakukan sosialisasi PHBS di Sekolah.

Kabupaten Boalemo, Dinkesprov – Sosialisasi Kantin Sehat Ala Pramuka (Ka’SaPa) dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah terakhir menyapa Kabupaten Boalemo, Rabu-Kamis (22-23/11/2023).

Adapun sekolah yang yang dikunjungi yaitu SD Negeri 1, SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 1 Tilamuta, Kabupaten Boalemo. Dimana pada kesempatan itu Duta Saka Bakti Husada (SBH) Putri Provinsi Gorontalo Oktaviana Bilqiis Otoluwa dan Duta SBH Putra Kabupaten Boalemo Rahmat S. Hapulu menyampaikan Sosialisasi PHBS di Sekolah.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi selaku Ketua Harian Pimpinan Saka (Pinsaka) Bakti Husada Daerah kak Nancy Pembengo memberikan apresiasi atas kerjasama dalam rangka meningkatkan kegiatan promosi dan preventif dengan lintas sektor terkait terutama Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Gorontalo.

“Integrasi dalam rangka pembangunan kesehatan harus terus ditingkatkan terutama dalam implementasi 6 (enam) pilar Transformasi Kesehatan,” ucap kak Nancy.

Kak Nancy mengungkapkan pesan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dimana dalam pilar pertama yaitu transformasi layanan primer dari fokus mengobati menjadi mencegah.

“Jadi apa yang dilakukan bersama dengan gerakan Pramuka ini adalah bagian dari penerapan Transformasi Kesehatan dengan meningkatkan kegiatan dan upaya promotif dan preventif,” ungkap kak Nancy.

Terakhir kak Nancy berharap kegiatan ini akan terus berkelanjutan dan tidak hanya menyasar beberapa sekolah tapi seluruh sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekokah Menengah Atas hingga Perguruan Tinggi.

“Kami berharap ini akan berlanjut dan tidak hanya di tingkat Kwarda tapi juga Kwarcab bahkan sampai Kwartir Ranting Pramuka untuk bersama Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Puskesmas melakukan kegiatan yang sama sehingga harapannya ini akan menjadi cikal bakal sekolah sehat di Provinsi Gorontalo,” pungkas Kak Nancy.

Sebelumnya, kegiatan serupa telah dilakukan di Kabupaten Pohuwato pada tanggal 20-21 Nopember 2023 di SD IT Al Izza, SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 1 Marisa dimana Duta SBH Putra Febri Saputra Paue dan Duta SBH Putri Vilkawati Pou dari Kwarcab Kabupaten Pohuwato memberikan Sosialisasi PHBS di Sekolah.

Rilis : ILB
Editor : MD

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 15 =

scroll to top
Bahasa »