Ayo Cerdas Gunakan Obat

WhatsApp-Image-2019-02-13-at-11.41.09-e1550030746428.jpeg

Kegiatan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) di Kabupaten Gorontalo dihadiri oleh Bupati Gorontalo Prof. Dr. Nelson Pomalingo (baju keki kelima dari kanan)

Penulis Indah F. Datau Bidang SDK

Di era digital seperti sekarang ini, masyarakat akan sangat mudah mendapatkan berbagai macam produk obat baik legal maupun ilegal, maka peluang untuk terjadinya penyalahgunaan obat dan penggunaan obat yang salah lebih besar lagi. Olehnya itu kita harus berupaya untuk melindungi masyarakat kita dengan memberdayakan masyarakat itu sendiri untuk mampu memilih dan memilah obat yang dibutuhkan melalui program pusat yakni Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GEMA CERMAT).

Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara benar. Selain itu juga dapat meningkatkan kemandirian dan perubahan perilaku masyarakat dalam memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat secara benar dan meningkatkan penggunaan obat secara rasional.

Sebagai salah satu program unggulan Kementerian Kesehatan,GEMA CERMAT telah dicanangkan secara nasional oleh Menteri Kesehatan pada bulan November 2015. Sebagai perpanjangan tangan Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo telah mencanangkan dan mensosialisasikan GEMA CERMAT Tingkat Provinsi Gorontalo pada bulan Desember 2015 oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo.

Selanjutnya pada tahun 2017 GEMA CERMAT disosialisasikan dan dicanangkan di wilayah Kabupaten/Kota antara lain : bulan Maret 2017 dicanangkan oleh walikota Gorontalo, Bulan September GEMA CERMAT dicanangkan di Kabupaten Gorontalo oleh Bupati Gorontalo dan di Kabupaten Gorontalo Utara oleh Bupati Gorontalo Utara. Kemudian pada bulan Juli 2018 dicanangkan di Kabupaten Boalemo oleh Sekretaris Daerah Boalemo.

Untuk tahun 2019 ini GEMA CERMAT rencananya akan dicanangkan dan disosialisasikan di Kabupaten Bone Bolango yaitu pada bulan Maret 2019 dan di Kabupaten Pohuwato pada bulan Juni 2019 sehingga Kabupaten/Kota di Provinsi Gorontalo sudah terpapar GEMA CERMAT. Diharapkan kegiatan GEMA CERMAT ini dapat dilaksanakan di Kabupaten/Kota hingga ke pelosok-pelosok desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × three =

scroll to top
X