Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Dinkesprov Gandeng Organisasi Profesi Kesehatan dan Rumah Sakit

WhatsApp-Image-2021-07-22-at-07.29.46.jpeg

Sambutan dan arahan Sekretaris Daerah Provinsi Dr. Darda Daraba pada kegiatan pertemuan koordinasi dan evaluasi pelaksanaan vaksinasi covid-19 dan persiapan penanganan lonjakan kasus Covid-19, Rabu (21/07/2021) di Grand Q Hotel Kota Gorontalo.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dinas kesehatan Provinsi Gorontalo gelar Pertemuan Koordinasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dan persiapan penanganan lonjakan kasus Covid-19, dengan turut melibatkan organisasi profesi kesehatan dan juga Rumah Sakit yang ada di Provinsi Gorontalo di Grand Q Hotel, Rabu (21/07/2021).

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo, Dr. Darda Daraba, mengatakan Covid-19 di Gorontalo sudah mulai mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Menurutnya Dinas Kesehatan harus siap dengan penanganan lonjakan kasus, agar hal serupa yang terjadi di pulau Jawa tidak terjadi di Gorontalo. Selain itu dirinya menambahkan antisipasi sudah harus dilakukan sedini mungkin.

“6.946 dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, itu bukan jumlah yang sedikit dari penduduk di Provinsi Gorontalo. 751 orang sedang menjalani perawatan medis dan 198 dinyatakan meninggal dunia,” kata Darda pada sambutannya.

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Gorontalo itu menambahkan, informasi hoaks mengenai Covid-19 dan pelaksanaan vaksinasi harus diberantas, kerena menimbulkan kepanikan di tengah masyarakat. Selain itu, ia juga meminta Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota untuk menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat tentang penanganan Covid-19 dan percepatan Vaksinasi.

“Saya berharap kepada teman-teman dari organisasi profesi, dinas kesehatan untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi dan tetap gencar dalam melakukan Tracing, Testing, Treatment (3T),” harapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, menjelaskan Dinas kesehatan tidak mampu bekerja sendiri dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Gorontalo. ia mengatakan harus bekerja sama dengan seluruh organisasi profesi kesehatan yang ada di Provinsi Gorontalo. Ia menambahkan kerjasama sudah terjalin sejak lama. Namun melalui kegiatan tersebut sistemnya dibuat lebih terpadu dan terarah.

“Jadi 2 hari kedepan, kita akan mengadakan rapat koordinasi Dinas Kesehatan Provinsi dengan Organisasi Profesi dan Direktur Rumah Sakit se-Provinsi Gorontalo. Hal ini kami laksanakan karena, kita ketahui pastinya Dinas Kesehatan tidak mampu bekerja sendiri, apalagi dengan situasi pandemi yang makin hari makin meningkat,” pungkasnya.

Rilis : Sari (gps)
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 10 =

scroll to top