Tes Cepat Molekuler Diperlukan Untuk Diteksi Dini Tuberkulosis

IMG-20230217-WA0010.jpg

Monev Tes Cepat Molekuler dan sistem transportasi spesimen

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Tes Cepat Molekuler sangat diperlukan untuk mendeteksi dini penyakit Tuberkulosis (TB).

Hal ini terungkap saat Pertemuan Monitoring Evaluasi Pemeriksaan TCM dan Sistem Transportasi Spesimen Tingkat Provinsi Gorontalo, di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Kamis (16/2/2023).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Yanti Suleman mengungkapkan kegiatan ini tentunya diharapkan sejalan dengan yang diharapkan oleh WHO untuk melakukan eliminasi TBC di tahun 2035.

“Maka kita Provinsi Gorontalo melakukan serangkaian kegiatan salah satunya dengan TCM ini, di mana strateginya adalah kita harus tes cepat dan temukan TBC ini secara dini,” ungkapnya saat diwawancarai usai kegiatan.

Lanjut Yana, jadi dengan tes cepat secara dini pihaknya yakin kemudian dapat menurunkan angka prevalensi ataupun kejadian TB di Provinsi Gorontalo.

“Nah tadi sudah kumpul, yang akan kita lakukan selanjutnya ialah pelayanan di semua rumah sakit semakin meningkat,” ucap Yana.

“Alhamdulillah Provinsi Gorontalo sudah dibantu dengan 19 mesin TCM. Nah dengan mesin tersebut kami kemudian Provinsi Gorontalo berharap Dinas Kesehatan Provinsi berharap Kabupaten/Kota menggunakan,” imbuhnya.

Terakhir kata Yana, angka utilisasinya memang masih rendah dan harus digenjot supaya pencapaian penemuan kasus di atas dari pada 80 persen. Sebab sekarang di Provinsi Gorontalo baru mencapai 74 persen.

“Tentunya ada yang tidak ditemukan (penderita) dan tidak diobati, maka itu didorong untuk yang ditemukan kasus TBC,” tandasnya.

Rilis : Putra (gps)
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 − three =

scroll to top
Bahasa »