Plt Kadinkes Provinsi Evaluasi Kinerja Tim Infokom dan Media Partner

IMG-20191230-WA0023.jpg

Evaluasi Kinerja Tim Informasi dan komunikasi serta Media Partner, Senin (30/13/2019) di RM Mawar Saron Kota Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Media informasi dan komunikasi memegang peranan penting dalam penyampaian informasi dan melakukan edukasi kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan. Peran penting media harus bisa dimanfaatkan dan digunakan dengan sebaik-baiknya.

Hal itu sudah menjadi komitmen dari Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo yang memanfaatkan media dalam penyebaran informasi kepada masyarakat. Di tahun 2019 ini, tim Informasi dan Komunikasi (Infokom) sebagai tim yang mempunyai tugas, pokok dan fungsi dalam penyampaian informasi publik perlu dilakukan evaluasi atas capaian kinerjanya.

Pada kesempatan itu, Ketua Tim Infokom yang juga Kasie Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Nancy Pembengo, S. Si., memaparkan capaian kinerja tim yang dipimpinnya pada evaluasi kinerja tim informasi dan komunikasi, Senin (30/12/2019) di RM Mawar Sharon Kota Gorontalo. Tim Infokom mengelola website dan media sosial diantaranya Youtube, Facebook Fan Page, Twitter dan Instagram.

Selama tahun 2019, Nancy mengungkapkan jumlah berita yang dirilis sebanyak 351 berita dibandingkan tahun 2018 hanya 74 berita.
“Untuk channel youtube, kami mengalami penurunan liputan video, di tahun 2018 sebanyak 77 video dan di tahun 2019 turun menjadi 44 video, itu disebabkan kami memilah kegiatan prioritas yang perlu mendapat publikasi dalam bentuk liputan video” papar Nancy.

Media partner yang hadir diantaranya gopos.id, Hulondalo.id, dm1.co.id dan radio Suara RH

Sementara itu, pengelolaan fan page berhasil memperoleh 2.757 penggemar, follower Instagram sebanyak 786, subscriber Youtube 533 dan Twitter hanya 99 follower.
“Memang harus diakui, follower kami di media sosial masih belum banyak karena kami tidak punya operasional untuk promosi, kami hanya mengandalkan teman-teman tim, ASN dan PTT yang ada di lingkungan Dinkes Provinsi untuk menyebarkan berita” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole, M.Si., mengungkapkan bahwa di tahun 2020, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo mempunyai keterbatasan anggaran pada promosi ataupun penyebaran informasi dari APBD.
“Media informasi dan komunikasi ini kita lebih banyak didanai oleh APBN sehingga kalaupun Dinas Kesehatan itu sampai dengan hari ini tetap eksis itu karena anggaran APBN dan inovasi dari teman-teman tim Infokom” kata Plt Kadinkes.

Plt Kadinkes juga mengucapkan terima kasih, mengakui dan mengapresiasi kerja tim informasi dan komunikasi serta dukungan dari media partner yang selama ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.
“Terkait dengan media partner ini kami pun perlu mengevaluasi kinerjanya sejauh mana kinerja dalam pemberitaan dan penyebaran informasi melalui media sosial hingga sampai ke masyarakat” ucap Misranda.

Selain itu, Plt Kadinkes berharap media partner dapat menjadi mitra dalam mengklarifikasi berita yang tidak sesuai di masyarakat karena tanpa bantuan dari media, informasi tidak akan sampai ke masyarakat secara utuh.

“Dengan evaluasi ini mari kita bersama memperbaiki apa saja yang masih kurang selama tahun 2019 dan ditahun 2020 semoga menjadi lebih baik lagi” pungkasnya.

Media partner yang hadir yaitu gopos.id, hulondalo.id, dm1.co.id dan Radio Suara RH.

Rilis : MD
Foto : Reza
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × one =

scroll to top