Pencegahan dan Penanganan Stunting Di Masa Pandemi Covid-19 Jadi Perhatian Khusus

WhatsApp-Image-2021-10-20-at-12.24.32.jpeg

Rapat Koordinasi Dalam Rangka Penanganan dab Pencegahan Stunting di Masa Pandemi Covid-19

Kabupaten Gorontalo, Dinkesprov – Pentingnya pencegahan serta penanganan stunting khususnya di masa pandemi Covid-19 menjadi perhatian khusus Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Gorontalo, di White Castle Gorontalo, Desa Hulawa, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, Selasa (19/10/2021).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Rosiana Kiu mengungkapkan dalam melakukan pencegahan stunting pihaknya mempunyai program yang dinamakan 1000 hari pertama kehidupan.

“Dimana seorang remaja putri calon ibu ketika ia mau menikah ini harus mulai dikawal dan diberikan perhatian khusus,” ungkapnya di wawancarai gopos.id usai kegiatan.

Lanjutnya, pengawalan ini dilakukan dari memberikan standar pelayanan minimal kepadanya sampai anak tersebut lahir dan bahkan setelah lahir.
Karena penanganan stunting yang dilakukan oleh Tenaga Kesehatan (Nakes) sebanyak 30% dan melalui Lingkungan sekitarnya 70% terkait rumah sehat maupun lingkungan sehat.

“Karena ini harus menjadi perhatian khusus untuk menjaga sebuah generasi yang akan lahir, makanya perlu perhatian,” katanya.

“Agar stunting tak terjadi dan dapat dicegah,” imbuhnya.

Terakhir Rosiana menyampaikan, untuk itu masyarakat harus memperhatikan hal tersebut dan menyadari betapa pentingnya pencegahan stunting.

“Agar pertumbuhan dan perkembangan anak dapat sesuai yang diharapkan,” pungkasnya.

Rilis : Putra (Gps)
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × three =

scroll to top