Pencanangan HKN Ke-55, Wagub Tekankan Kolaborasi Multisektoral dan Apresiasi Donasi JKN

IMG-20191101-WA0014.jpg

Pemukulan Polopalo oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Dr. Darda Daraba, Plt Kadinkes Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole, M.Si., dan pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo tanda Pencanangan Hari Kesehatan Nasional Ke 55 tahun 2019 Tingkat Provinsi Gorontalo Resmi dimulai, Jum'at (01/11/2019) di Halaman kantor Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim mencanangkan Hari Kesehatan Nasional Ke-55 tahun 2019 tingkat Provinsi Gorontalo, Jumat, (01/11/2019). Acara yang juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Dr. Darda Daraba dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini mengusung tema ‘Generasi Sehat, Indonesia Unggul’.

Menurut Wakil Gubernur H. Idris Rahim, tema ini harus diimplementasikan dalam setiap program di bidang kesehatan diantaranya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan meningkatkan umur harapan hidup, menurunkan kematian ibu dan anak serta menurunkan gizi buruk.

Pemotongan Tumpeng oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim disaksikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Dr. Darda Daraba dan Plt Kadinkes Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole, M.Si

Selain itu, program kesehatan ini memerlukan sinergitas dan koordinasi dari semua pihak tidak hanya jajaran kesehatan tapi lintas sektor lainnya. Hal ini harus kita kembangkan dalam membangun kesehatan melalui paradigma kesehatan, penguatan akses pelayanan kesehatan dan pembiayaan Jaminan Kesehatan Nasional.

“Saya berterima kasih hari ini ada pesan moral bisa membantu BPJS untuk kelangsungan dapat meningkatkan derajat kesehatan, selain itu kita juga meningkatkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Nusantara Sehat, mudah-mudahan bisa terlaksana sampai tingkat desa” beber Idris.

Di akhir sambutannya, Wagub Idris Rahim berharap jajaran kesehatan agar bekerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas untuk mengimplementasikan Generasi Sehat, Indonesia Unggul pada 2045 yang akan datang.

Sementara itu, Plt Kadinkes Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole, M.Si., menjelaskan ada hal yang membanggakan bahwa Pencanangan Hari Kesehatan Nasional hari ini dihadiri insan kesehatan yang ada di Provinsi Gorontalo, dan pelaksanaannya mengedepankan silaturahmi.

Misranda juga mengatakan, rangkaian kegiatan ini dimulai dari Pengukuran Kebugaran Jasmani, jalan sehat, senam bersama, Pelayanan Kesehatan Terpadu, lomba senam Tobelo dan CTPS.

Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-55 akan dilaksanakan pada tanggal 21 Nopember mendatang karena ada undangan dari Kementerian Kesehatan terkait desk Dana Alokasi Khusus (DAK) dan peringatan HKN di tingkat nasional.

Penyerahan Donasi Peduli JKN oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim kepada Kepala BPJS Kesehatan Gorontalo

Juga pada kesempatan itu Plt Kadinkes Provinsi memberikan dukungan kepada BPJS Kesehatan melalui kampanye donasi. Menunggaknya Klaim dari BPJS menyebabkan kekurangan obat, hal ini memerlukan kepedulian bukan berapa jumlahnya tapi ada pesan moral bahwa kita ada didalam pelayanan kesehatan itu sendiri.

“JKN harus kita tunjang, dengan donasi hari ini diedarkan donasi dan Insya Allah akan menjadi motivasi dan dukungan moril bagi pelaksanaan JKN di Provinsi Gorontalo” ucap Misranda.

Selain melaksanakan berbagai kegiatan, Pencanangan HKN ini mendapat dukungan sponsor dari sektor swasta diantaranya Tropicana Slim, Pegadaian, Tridi Organizer, HD dan Seven Production.

Rilis : MD & ILB
Foto/Video : Reza, ILB, Kenan & Andi
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen + two =

scroll to top
X