Pelatihan Manajemen Puskesmas Tingkatkan Tata Kelola Pelayanan Kesehatan dan Good Governance

IMG-20210714-WA0001.jpg

Penyematan tanda peserta Pelatihan Manajemen Puskesmas oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dr. Yana Yanti Suleman, SH.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Keberhasilan pelaksanaan tugas dan fungsi puskesmas salah satunya bergantung pada manajemen kepala puskesmas beserta tim dalam mengelolanya. Pengelolaan puskesmas yang baik, akan meningkatkan mutu pelayanan yang pada akhirnya akan mendukung pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang optimal, hal inilah yang mendasari pelaksanaan pelatihan manajemen puskesmas tingkat Provinsi Gorontalo yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo bekerja sama dengan BBPK Makassar, di Hotel Grand Q Kota Gorontalo.

“Kepala puskesmas sebagai penanggung jawab pelaksanaan kebijakan pembangunan kesehatan berbasis pendekatan keluarga diharapkan mampu memahami prinsip dan konsep pembangunan kesehatan serta Tata Kelola Pelayanan Kesehatan”, ucap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, dr. Yana Yanti Suleman, SH., saat membuka secara resmi pelatihan tersebut.

Selain itu, dengan melaksanakan prinsip-prinsip manajemen yang baik kata Kadinkes, puskesmas diharapkan sejalan dengan perubahan dan perkembangan konsep dari tata Kelola pemerintahan yang baik (good governance) dalam rangka mewujudkan Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga.

Lebih lanjut, ungkap dr. Yana situasi pandemi Covid-19 yang terjadi secara mendadak dan cepat saat ini tentunya sangat berpengaruh pada perencanaan yang telah disusun oleh puskesmas sehingga puskesmas perlu menyesuaikan tahapan manajemen puskesmas yang telah disusun dan direncanakan sebelumnya dengan kebutuhan pelayanan dalam menghadapi pandemic covid, pungkasnya.

Pelatihan manajemen puskesmas diikuti oleh 29 orang peserta yang terdiri dari Kepala Puskesmas, Kepala Tata Usaha dan Penanggung jawab Mutu Puskesmas di Kabupaten/Kota dan berlangsung selama 10 hari mulai tanggal 07 – 16 Juli 2021 dengan mekanisme pelaksanaan pemaparan materi/ceramah dan curah pendapat/diskusi, penugasan dan role play/bermain peran serta praktik lapangan.

Rilis : Indah
Editor : Nancy Pembengo/MD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × five =

scroll to top