Paparkan Progress PIS-PK, Andriyanto : Gorontalo Perlu Kerja Keras

IMG-20190729-WA0010.jpg

Mewakili Plt Kadinkes Provinsi Gorontalo, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Andriyanto Abdussamad, SKM., M. Kes., didampingi Kasie Pelayanan Kesehatan Primer Nisma Abdurrahman, SKM., M. Kes., membuka Pertemuan Penguatan Pengolahan dan Analisis data PIS-PK tingkat Provinsi Gorontalo, Senin (29/07/2019) di Grand Q Hotel Kota Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) saat ini di lakukan oleh Puskesmas terintegrasi dengan manajemen Puskesmas. Melalui integrasi program dalam manajemen puskesmas dalam pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, diharapkan cita-cita untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan berkeadilan sesuai visi misi Kementerian Kesehatan dapat kita capai bersama.

Untuk mencapai hal tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melaksanakan kegiatan Penguatan Pengolahan dan Analisa Data PIS-PK, Senin (29/07/2019) di Grand Q Hotel Kota Gorontalo.

Dihadapan peserta kegiatan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Andriyanto Abdussamad, SKM., M. Kes., mewakili Plt Kadinkes Provinsi Gorontalo memaparkan progress capaian PIS-PK di Provinsi Gorontalo.

Peserta kegiatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Kepala Puskesmas se Provinsi Gorontalo

Menurutnya, saat ini di Provinsi Gorontalo, total keluarga yang telah dikunjungi adalah sejumlah 181.354 KK dari jumlah target 304.014 KK. Mengacu pada data tersebut, keluarga dengan jumlah keluarga dengan IKS > 0,800 hanya berjumlah 25.701 keluarga.

Selain data tersebut diatas, saat ini Indeks Keluarga Sehat (IKS) untuk Provinsi Gorontalo masih berada pada 0.17 dengan sebaran di Kabupaten/Kota yaitu di Kota Gorontalo berada pada angka 0.26 dan Kabupaten Bone Bolango mencapai 0.19 berada diatas rata-rata Provinsi.

Selanjutnya Kabupaten Gorontalo 0.15, diikuti oleh Kabupaten Gorontalo Utara 0.15, kemudian Kabupaten Pohuwato diangka 0.14 serta Kabupaten Boalemo diurutan terakhir dengan angka 0.11. Keempat Kabupaten ini masih dibawah Provinsi.

“Kondisi ini menunjukkan bahwa masih diperlukan kerja keras dari kita semua untuk menggerakkan Program PIS PK. Dengan pemanfaatan data yang baik dan benar, maka harapan kita adalah peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Provinsi Gorontalo” beber Andriyanto.

Kegiatan yang akan berlangsung selama 3 (tiga) hari ini bertujuan untuk memberikan arahan dan pemantapan bagi pengelola kegiatan PIS PK di Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan pendataan juga untuk mendapatkan gambaran data cakupan pelaksanaan program PIS-PK.

Peserta pertemuan ini berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Kepala Puskesmas se Provinsi Gorontalo serta narasumber dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo dan BPJS Kesehatan Gorontalo.

Rilis : MD
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + 10 =

scroll to top