Kota Gorontalo Mulai Tahapan Pembentukan Pokjanal Posyandu

IMG-20230726-WA0022.jpg

Kasie Promkes dan PM Nancy Pembengo mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo memberikan materi pada Pertemuan Koordinasi Sosialisasi Program Kerja Pokjanal Posyandu Kota Gorontalo.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo diwakili Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Nancy Pembengo mengapresiasi Pertemuan Koordinasi Program Kerja Pokjanal Posyandu yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Gorontalo, Rabu (26/07/2023) di Grand Q Hotel Kota Gorontalo. Pertemuan ini adalah langkah awal membentuk Pokjanal mulai dari tingkat Kota Gorontalo, Kecamatan hingga Pokja Kelurahan.

“Ini adalah salah satu upaya untuk mengaktifkan Posyandu di wilayah kerjanya masing-masing karena kita ketahui di wilayah kota Gorontalo ini masih ada beberapa posyandu yang belum aktif. Nah, dengan adanya Pokjananl ini kami harapkan bisa membantu terwujudnya kegiatan-kegiatan posyandu sehingga indikatornya menjadi aktif,” ungkap Nancy.

Nancy menjelaskan pentingnya pembentukan Pokjanal sebagai turunan dari pembentukan Pokjanal tingkat Provinsi sehingga pekerjaan ini secara kolaborasi dan sinergi bisa dilaksanakan secara bersama-sama. Selain itu, Nancy berharap dukungan Tim Penggerak PKK Kecamatan yang hadir pada pertemuan itu untuk mendukung pelaksanaan Bulan Bakti Posyandu yang direncanakan bulan Agustus nanti.

“Pada pelaksanaan Bulan Bakti ini kami harapkan bisa dioptimalisasi inputan data pada aplikasi elektronik e-PPGBM sehingga data yang kita dapatkan bisa lebih valid lebih akurat untuk disandingkan nantinya dengan hasil data Survei Kesehatan Indonesia,” ujar Nancy.

Sekretaris Kota Gorontalo Ismail Madjid mengungkapkan pentingnya pembentukan Pokjanal ini yang telah dimulai dengan sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Gorontalo terutama meningkatkan fungsi posyandu dalam upaya promotif dan preventif.

“Fungsi posyandu ini juga juga terkait dengan peran untuk edukasi artinya meningkatkan kesadaran pendidikan bagi masyarakat secara keseluruhan baik untuk kesehatan maupun di sektor-sektor yang termasuk untuk peningkatan pengetahuan dalam bagaimana membangun ekonomi masyarakat,” ungkap Ismail.

Ismail menilai, dengan melihat fungsi Pokjanal termasuk posyandu ini bisa berkontribusi berkolaborasi sehingga Pokjanal ini bisa berjalan dengan baik.

“Posyandu ini tidak saja dimanfaatkan oleh Dinas Kesehatan tapi juga oleh OPD lain termasuk untuk pendidikan begitu juga untuk OPD yang terkait dengan peningkatan pendapatan masyarakat yang memanfaatkan, tentunya kuncinya adalah bagaimana kita membangun kolaborasi di pemanfaatan posyandu ini,” pungkasnya.

Pertemuan ini dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Gorontalo, Puskesmas, Tim Penggerak PKK kecamatan dan OPD terkait lainnya dilingkungan Pemerintah Kota Gorontalo.

Rilis : ILB
Videografer : Reza
Editor : MD

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 3 =

scroll to top
Bahasa »