Performance Based Budgeting Untuk Optimalnya Implementasi SPM Bidang Kesehatan

IMG-20230727-WA0011.jpg

Pertemuan pendampingan perhitungan layanan SPM bidang Kesehatan

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi melakukan pendampingan kepada Kabupaten/Kota dalam implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) mulai dari perhitungan sasaran, perhitungan kebutuhan pemenuhannya, pelaksanaan dan pelaporan, Selasa (25/07/2023) di Grand Q Hotel Kota Gorontalo.

Sejak tahun 2021 proses ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan mulai dari menyepakati definisi operasional berdasarkan definisi konsep yang tercantum dalam Permenkes 4 tahun 2019 tentang SPM bidang kesehatan.

“Hal ini penting karena dengan menyepakati hal ini maka Kabupaten/Kota akan mempunyai persepsi yang sama untuk semua layanan dari SPM 1 sampai SPM 12,” ucap Anang.

Menurut Anang, kendala dalam menentukan sasaran yang diintervensi serta cara menghitung capaian, termasuk perhitungan anggaran yang akan dialokasikan berdasarkan kinerja yang akan dicapai, hal ini sudah sejalan dengan prinsip-prinsip anggaran berbasis kinerja (performance based budgeting).

Selanjutnya tahun 2022 hal ini diimplementasi oleh seluruh Kabupaten/Kota, saat dilaksanakan provinsi terus melakukan monitoring dan evaluasi untuk perbaikan. Mulai tahun 2022 Kabupaten/Kota sudah menetapkan sasarannya diawal tahun oleh kepala daerah.

Tahun 2023 Dinas Kesehatan Provinsi melalui pertemuan ini terus melakukan identifikasi masalah implementasi SPM, kedepannya definisi operasional ini akan diterbitkan legalitasnya sehingga lebih mudah implementasinya.

“Dengan optimalnya implementasi SPM maka data yang dihasilkan lebih valid karena layanan berdasarkan by name by address, sehingga diharapkan perhitungan kebutuhan pemenuhan lebih mudah dan benar benar berbasis kinerja (data),” tandas Anang.

Rilis : KrisNa
Editor : Nancy Pembengo/MD

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five − 1 =

scroll to top
Bahasa »