Kadinkes Yana : Aksi Bergizi Nasional Momen Meningkatkan Status Gizi Masyarakat

WhatsApp-Image-2022-10-26-at-15.46.50.jpeg

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Yana Yanti Suleman.

Kabupaten Gorontalo, Dinkesprov- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Yanti Suleman saat menghadiri Aksi Bergizi Nasional tingkat Provinsi Gorontalo, Rabu (26/10/2022) yang dipusatkan di MTs Negeri Kabupaten Gorontalo menyatakan bahwa aksi ini dapat menjadi momen yang sangat penting dalam upaya perbaikan dan meningkatkan status gizi masyarakat jika dilaksanakan secara terus-menerus.

“Satu poin adalah kita memastikan anak-anak kita yaitu wanita usia subur mulai dari usia remaja mengkonsumsi tablet tambah darah dan itu nantinya kolaborasi antara kesehatan dan pendidikan. Jadi pengalaman sekarang ini kita memberikan tapi tidak diminum, itu tidak akan ada gunanya,” jelas Yana.

Sarapan Pagi bersama

Yana juga optimis jika dalam pemberian tablet tambah darah jika melibatkan guru-guru dalam upaya memantau siswa agar minum tablet tambah darah, maka dipastikan dapat menurunkan angka anemia pada remaja dan wanita usia subur.

“Kita bisa memastikan sebelum anak ke sekolah ada makanan bergizi yang disediakan kalaupun tidak itu diidentifikasi anak-anak yang mana dan itu bisa dibantu oleh (dinas) pangan, kesehatan dan pemerintah setempat,” ucap Yana.

Kadinkes Yana juga berharap pada tenaga kesehatan dapat bersama-sama menjadi garda terdepan dalam meningkatkan status gizi masyarakat dan upaya mencegah stunting.

“Ini sebenarnya menjawab, jangan terbalik semakin banyak sarjana kedokteran dan sarjana gizi tapi kemudian gizi kita tidak terurus, itu harus dievaluasi berarti belum ada peningkatan yang signifikan dan belum ada dampak langsung terhadap ketersediaan SDM yang berkualitas tersebut,” kata Yana.

Diakhir Yana berharap masyarakat untuk proaktif dalam menjaga status gizi anak masing-masing.
“Karena ini sangat penting, pemerintah tidak ada apa-apanya tanpa keterlibatan langsung masyarakat juga dari pihak swasta. Selamat melaksanakan aksi Bergizi insya Allah kita semua sehat selalu untuk melahirkan anak-anak penerus bangsa yang sehat walafiat,” pungkasnya.

Pembagian bahan kontak.

Aksi Bergizi Nasional tingkat Provinsi Gorontalo diikuti oleh 58 sekolah baik SMP/MTs maupun SMA/MA/pesantren sederajat yang tersebar di seluruh Provinsi Gorontalo dengan kegiatan diawali senam pagi, sarapan bersama, minum tablet tambah darah dan live report kegiatan dari masing-masing Kabupaten/Kota.

Hadir pada kesempatan tersebut Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Misranda Nalole, Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir, lintas sektor terkait dan anggota Saka Bakti Husada Daerah Gorontalo.

Rilis : MD
Foto/Videografer : ILB/Tim SBH
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × four =

scroll to top
Bahasa »