Kadinkes Gorut Dorong Remaja Putri Manfaatkan Aplikasi CERIA untuk Cegah Anemia

IMG-20230925-WA0012.jpg

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara, Sri Fenty N. Sagaf.

Kabupaten Gorontalo Utara, Dinkesprov – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara, Sri Fenty N. Sagaf, mengajak para remaja putri untuk memanfaatkan aplikasi Cegah Anemia Remaja Putri Indonesia (CERIA) sebagai upaya pencegahan anemia.

Aplikasi CERIA merupakan sarana pencatatan dan pelaporan data elektronik yang bertujuan untuk memantau konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) oleh remaja putri.

“Salah satu manfaatnya, aplikasi CERIA dapat bertindak sebagai pengingat yang efektif, membantu para remaja putri untuk mematuhi jadwal konsumsi tablet tambah darah mereka,” ujar Kadinkes Fenty di Kwandang, Senin (25/09/2023).

Selain itu, Fenty mengungkapkan aplikasi ini juga menyajikan informasi penting mengenai TTD dan Anemia yang dapat diakses melalui menu informasi di aplikasi tersebut.

Dengan fitur informasi tersebut, Ia berharap para remaja putri dapat memahami manfaat besar yang terkandung dalam TTD, serta memahami cara penanganan anemia secara lebih mendalam.

“Hal ini akan membentuk kebiasaan sehat sejak usia dini dan menyebarkan pengetahuan yang penting dalam kesehatan remaja putri di Indonesia,” ujar Fenty.

Lebih lanjut Kadinkes Fenty menjelaskan bahwa aplikasi CERIA memuat fitur-fitur penting, seperti menu “Minum TTD” dan “Ukur.” Di menu “Minum TTD,” pengguna diminta untuk mencatat jumlah TTD yang diminum, sumber TTD, dan deskripsi terkait.

Sedangkan di menu “Ukur,” pengguna diminta untuk mencatat tanggal minum, berat badan, tinggi badan dan kadar hemoglobin. Riwayat konsumsi TTD dan pengukuran bisa diakses melalui beranda aplikasi.

Proses pendaftaran dalam aplikasi CERIA melibatkan pengisian data diri seperti nama lengkap, nomor induk kependudukan (NIK), alamat email, nomor handphone, tempat dan tanggal lahir serta informasi sekolah.

“Pengisian data ini harus dilakukan secara pribadi oleh remaja putri setelah mengonsumsi tablet tambah darah,” imbuhnya.

Kementerian Kesehatan dalam pengembangan aplikasi CERIA tengah bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan untuk menyusun daftar nama sekolah yang belum tercantum dalam aplikasi.

Ini bertujuan agar aplikasi CERIA memiliki jangkauan yang lebih luas dan bisa dimanfaatkan oleh remaja putri di seluruh wilayah Indonesia.

Saat ini, aplikasi CERIA dapat diunduh melalui Play Store dan diharapkan akan segera tersedia di AppStore untuk lebih memudahkan akses bagi pengguna.

Rilis : Andre (Gorut)
Editor : Nancy Pembengo/MD

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 1 =

scroll to top
Bahasa »