Kader Kesehatan Harus Jemput Bola, Lakukan Kunjungan Rumah Saat Posyandu

IMG-20230808-WA0002.jpg

Pembukaan Orientasi Pengelolaan Posyandu dan Kunjungan Rumah oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Fima Agustina.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Tim Penggerak PKK turut serta dan bertanggung jawab untuk ikut mensukseskan program-program pemerintah utamanya menyasar kader-kader yang ada di posyandu dengan Dinas Kesehatan.

Hal itu diungkapkan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo, Fima Agustina saat diwawancarai usai membuka orientasi Pengelolaan Posyandu dan Kunjungan Rumah, Senin (07/08/2023) di hotel Yulia Kota Gorontalo.

“Pelatihan nanti akan disampaikan kembali kepada para kader-kader kita itu untuk supaya posyandu dapat digalakkan kembali, dan kebijakan yang ada saat ini yaitu adanya kunjungan rumah yang merupakan program dari pemerintah, kalau selama ini posyandu itu menunggu masyarakat, nah itu dulu apalagi di zaman saya juga,” ucap Fima.

Saat ini, lanjut Fima program kunjungan rumah adalah upaya pemerintah melakukan jemput bola dalam memberikan pelayanan kepada ibu-ibu hamil yang menjadi sasaran dan anak balita.

Disisi lain, Fima sependapat untuk memberikan apresiasi kepada para kader yang telah bekerja melaksanakan program posyandu. Fima berharap, kader kesehatan juga melakukan edukasi pencegahan tindak kekerasan, meningkatkan nilai-nilai keagamaan dalam rangka mencegah bunuh diri di masyarakat.

“Saya setuju Kalau pemerintah memikirkan itu karena apa, kader-kader kita ini adalah garda terdepan yang berhadapan langsung dengan masyarakat,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Anang S. Otoluwa menekankan peserta orientasi Pengelolaan Posyandu dan Kunjungan rumah harus bisa melanjutkan untuk melakukan pembinaan kepada kader posyandu terhadap perubahan pelayanan di posyandu setelah adanya transformasi kesehatan.

“Pelayanan untuk masyarakat itu tidak boleh ada yang tertinggal jadi semua harus dilayani, oleh sebab itu kalau mereka tidak hadir di posyandu maka mereka harus dilakukan kunjungan rumah dan ini adalah bagian dari transformasi layanan primer di kesehatan,” imbuhnya.

Orientasi Pengelolaan Posyandu dan Kunjungan Rumah akan berlangsung mulai tanggal 07-10 Agustus 2023 dengan peserta adalah pengelola program promosi kesehatan, program kesehatan Ibu dan Anak, program Gizi, program Usia Produktif dan Lansia serta dari Dinas Pemerintah Desa.

Rilis : MD
Videografer : ILB
Foto : Aripin
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + six =

scroll to top
Bahasa »