Dinkes Provinsi Umumkan Pemenang Penilaian FKTP Berprestasi

WhatsApp-Image-2023-08-09-at-10.55.44.jpg

Penilaian FKTP Berprestasi di puskesmas Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo beberapa waktu lalu.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo telah selesai merampungkan rangkaian penilaian kegiatan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Berprestasi (FKTPB) tahun 2023 yang dilaksanakan pada 9 puskesmas perwakilan Kabupaten/Kota. Adapun aspek penilaian meliputi kegiatan yang berkaitan dengan akreditasi puskesmas yakni Administrasi dan Manajemen, Upaya Kesehatan Masyarakat dan Upaya Kesehatan Perorangan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Anang S. Otoluwa memberi apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran kesehatan di Kabupaten/Kota serta kepada Pemerintah Daerah dalam pengembangan upaya kesehatan di puskesmas. Menurutnya, puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan mempunyai peran yang sangat penting dalam upaya peningkatan derajat kesehatan di wilayahnya.

“Kegiatan ini, tidak hanya dilakukan untuk sekedar mencari pemenang namun adalah sebagai upaya pembinaan terhadap puskesmas sehingga puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan yang bersentuhan langsung dengan pelayanan masyarakat, dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan berpedoman pada upaya peningkatan mutu,” ungkap Anang, Rabu (09/08/2023).

Anang berharap agar kegiatan penilaian FKTP Berprestasi ini dapat digunakan oleh seluruh puskesmas sebagai momentum self assessment dalam menyongsong pelaksanaan akreditasi selanjutnya.

“Pelaksanaan akreditasi akan dimulai tahun ini karena sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, untuk itu saya harapkan puskesmas bisa menyiapkan segala sesuatu agar dapat melewati tahapan akreditasi nanti dengan baik,” pungkasnya.

Pada penilaian ini, tim penilai terdiri dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Sekretaris, Kabid Yankes dan SDK, Kasie Yankes, serta Surveior Akreditasi FKTP dan Tim Pendamping.

Selanjutnya, pada Senin (7/8), Tim Penilai telah menetapkan FKTP Berprestasi Tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2023 yang terbagi dalam 3 kategori yakni; Perkotaan, Pedesaan, serta Terpencil/sangat terpencil. Adapun nama-nama puskesmas tersebut berdasarkan urutan nilai adalah :

A) Kategori Perkotaan; Puskesmas Limboto Barat Kabupaten Gorontalo, Puskesmas Kota Tengah Kota Gorontalo, Puskesmas Tapa Kabupaten Bone Bolango.
B) Kategori Pedesaan; Puskesmas Bongomeme Kabupaten Gorontalo, Puskesmas Pangi Kabupaten Boalemo, Puskesmas Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango.
C) Kategori Terpencil/Sangat Terpencil; Puskesmas Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo, Puskesmas Popayato Timur Kabupaten Pohuwato, Puskesmas Buloila Kabupaten Gorontalo Utara.

Rilis : Surya/ILB
Editor : Nancy Pembengo dan MD

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

One Reply to “Dinkes Provinsi Umumkan Pemenang Penilaian FKTP Berprestasi”

  1. Puskesmas kota tengah juara dua semoga puskesmas kota tengah bisa bertahan terus dalam menjalankan semua program

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 − 6 =

scroll to top
Bahasa »