Jalani Penilaian Nasional Eliminasi Malaria, Plt Bupati Boalemo Optimis Lolos

IMG-20211201-WA0031.jpg

Tim Penilai Nasional Eliminasi Malaria melakukan Verifikasi di Instalasi Farmasi Kabupaten Boalemo

Kabupaten Boalemo, Dinkesprov – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kembali melakukan Penilaian Eliminasi Malaria di Provinsi Gorontalo yaitu Kabupaten Boalemo. Ini adalah daerah ketiga setelah sebelumnya Kabupaten Bone Bolango dan Pohuwato. Penilaian ini berlangsung mulai tanggal 29 Nopember sampai dengan 3 Desember 2021.

Tim dari Kemenkes dijemput langsung oleh pemerintah Kabupaten Boalemo di bandara Jalaludin Gorontalo, Senin (29/11/2021) dan setibanya di Tilamuta disambut langsung Plt Bupati Anas Yusuf dan didampingi beberapa pimpinan OPD di Kantor Bupati.

Plt Bupati Boalemo Anas Yusuf merasa bangga atas kedatangan tim penilai dari Kemenkes RI dengan kedatangan tim menandakan bahwa Kabupaten Boalemo memiliki trend positif menurunkan Malaria di Boalemo.
“Ini juga lebih memberi motivasi Dinas Kesehatan dan jajarannya termasuk OPD yang ada bahwa apa yang kita lakukan kalau menghasilkan yang terbaik akan mendapatkan perhatian contohnya hari ini” kata Anas.

Anas juga berharap ini juga memberikan semangat dan setelah dilakukan penilaian harus dilakukan upaya terus menerus dan berkesinambungan serta pengendalian selanjutnya tidak sekedar berakhir di penilaian.

Verifikasi Dokumen di Puskesmas Mananggu

“Secara keseluruhan memberikan kepada kita pembelajaran bahwa apa yang kita lakukan harus benar-benar fokus sehingga menghasilkan yang terbaik” ucapnya.

Diakhir wawancara plt bupati Anas optimis bisa mencapai hasil maksimal dan dinyatakan sukses melakukan Eliminasi Malaria di Boalemo.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Nasional Yuliandri, SKM, M.Kes., mengungkapkan setelah melakukan pemeriksaan terhadap dokumen dan peninjauan lokasi memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan dalam Eliminasi Malaria sesuai dengan apa yang telah ditetapkan.

“Kami menilai positif dan dukungan lintas sektor bagus dan kegiatannya juga sudah bagus dan saat ini.kami di Rumah sakit Tani dan Nelayan alhamdulillah dan komunikasi sudah bagus” perlu ditingkatkan” ungkapnya.

Yuliandri berharap saat sidang nasional penentuan penilaian Boalemo akan lulus, kedepannya setelah lulus Mudah-mudahan Pemda tetap konsisten dalam pemeliharaan Eliminasi Malaria di Boalemo, imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo yang diwakili Kabid P2P Reyke Uloli, SKM., M. Kes., merespon positif penyambutan yang dilakukan pemerintah daerah.

“Dari verifikasi yang dilakukan alhamdulillah sangat mendukung dimana untuk Eliminasi Malaria ini dalam kurun waktu 3 tahun telah membuktikan malaria tidak ditemukan dan dibuktikan dengan dokumen-dokumen yang dilakukan verifikasi oleh tim” ucap Reyke.

Reyke juga berharap Boalemo lolos sebagai penghargaan kepada pemerintah daerah atas kinerjanya Daam pencegahan dan pengendalian malaria.

“Nantinya ini lolos bahwa Kabupaten akan menerima sertifikat bebas malaria dan diharapkan secara berkesinambungan tinggal pemeliharaannya perlu dukungan pemerintah, lintas sektor dan masyarakat” pungkasnya.

Adapun kegiatan yang dilakukan selama penilaian yaitu paparan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten, verifikasi dokumen di puskesmas Mananggu dan Bongo Nol, dan konfirmasi pasien yang pernah menderita malaria.

Rilis : MD
Videografer : ILB
Video Editor : Reza
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 − 1 =

scroll to top