HIPGABI Mendukung Penanggulangan Krisis Kesehatan Akibat Bencana

IMG-20210216-WA0012.jpg

HIPGABI saat melaksanakan koordinasi bersama Dinkes Provinsi, KKP, Poltrkkes dan TNI/Polri di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) Gorontalo melaksanakan sosialisasi kepada lintas sektor yang bertanggungjawab terhadap pelaksanaan penanggulangan bencana bidang kesehatan yakni Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo terkait program kerja yang akan dilaksanakan selama kurun waktu lima tahun ke depan.

Kegiatan tersebut diintegrasikan dengan pelaksanaan Rapat Koordinasi Tim Klaster Kesehatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo di Hotel Grand Q Kota Gorontalo pada hari Kamis, (11/02/2021). Adapun peserta rapat berasal dari lintas sektor terkait bidang kesehatan yakni KKP Gorontalo, Poltekkes, TNI/POLRI, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota serta pengambil kebijakan di Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

Menurut Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Nisma Abdurrahman, SKM, M.Kes, peran HIPGABI sangat dibutuhkan oleh masyarakat, mengingat Provinsi Gorontalo merupakan salah satu wilayah yang rawan bencana.

“Melalui kolaborasi dengan HIPGABI ini diharapkan tujuan pemerintah untuk menurunkan risiko krisis kesehatan pada masyarakat terdampak atau berpotensi bencana dapat ditekan seminimal mungkin”, ujar wanita yang bertubuh mungil ini.

Menindaklanjuti harapan tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo akan bekerjasama dengan HIPGABI Gorontalo untuk melakukan berbagai kegiatan kemasyarakatan seperti workshop bantuan hidup dasar bagi masyarakat awam, simulasi penanggulangan bencana, pelatihan PPGD, penyusunan MoU dengan lintas sektor, pelaksanaan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, P3K, serta berbagai kegiatan lainnya terkait penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana.

Hadir dalam kegiatan koordinasi tersebut, Ns. Arifin Umar, S.Kep, M.Kep selaku ketua HIPGABI Gorontalo didampingi oleh Sekretaris HIPGABI dan wakil ketua serta perwakilan anggota HIPGABI Gorontalo.

Rilis : Suryawijaya / Neki / Andi
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − 11 =

scroll to top