Gelar Monev TBC, Dinkes Provinsi Beri Penghargaan Puskesmas Dengan Capaian Indikator Program Tertinggi

IMG-20231103-WA0027-scaled-e1698999141340.jpg

Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Program TBC.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo menyelenggarakan Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Program TBC, Kamis (02/11/2023) bertempat di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, yang dihadiri oleh Penjabat Administrator, Pengawas, Wasor Program TBC Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Anggota KOPI TBC dari organisasi profesi PAPDI, PDPI, IDAI, PAEI, dan PDUI.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Anang S. Otoluwa menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk mengevaluasi kegiatan program TBC yang telah dilaksanakan di tingkat Kota/Kabupaten serta mendorong pelaksanaan kegiatan untuk mempercepat pengendalian TBC.

“Disamping itu diharapkan agar dapat merumuskan rencana tindak lanjut pada program pencegahan dan pengendalian TBC untuk mencapai target indikator program,” ujar Anang.

Ditambahkan Anang, dalam rangka meningkatkan capaian indikator program TBC perlu dilakukan inisiasi kegiatan akselerasi program TBC yang dapat dilakukan melalui surveilens aktif (active surveillance) dan penemuan kasus secara aktif (active case finding).

“Surveilens aktif meliputi validasi data kasus TBC di fasyankes dan penyisiran kasus di rumah sakit. Sementara itu, penemuan kasus secara aktif dapat dilakukan dengan skrining gejala dan edukasi TBC pada populasi umum dan memaksimalkan kegiatan Investigasi Kontak,” ungkap Anang.

Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo pada kegiatan tersebut memberikan penghargaan kepada Puskesmas yang terpilih dengan capaian indikator program tertinggi. Adapun, jenis penghargaan yang diberikan meliputi, Penghargaan Capaian Treatment Coverage Tertinggi diberikan kepada Puskesmas Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo, Penghargaan Capaian Treatment Success Rate Tertinggi diberikan kepada Puskesmas Bonepantai Kabupaten Bone Bolango, Penghargaan Capaian Pelaksanaan Investigasi Kontak Tertinggi diberikan kepada Puskesmas Limboto Kabupaten Gorontalo dan Penghargaan Capaian Pemberian TPT Tertinggi diberikan Kepada Puskesmas Kota Utara, Kota Gorontalo.

Turut memberikan penguatan tersebut Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Jeane Dalie, Wasor TB Dolvi Sumaraw dan paparan dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota terkait capaian indikator program TBC meliputi treatment coverage, treatment success rate, capaian kolaborasi program TBC HIV, pelaksanaan Investigasi Kontak TBC, serta tantangan dan strategi untuk mencapai target tersebut.

Rilis : Ana/Dolvi
Editor : Nancy Pembengo/MD

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + seven =

scroll to top
Bahasa »