Gelar IVA Test dan CBE, Gorut Peringati Hari Kanker Sedunia tahun 2019

WhatsApp-Image-2019-02-06-at-13.46.02.jpeg

Sosialisasi dan Deteksi Dini penyakit kanker leher rahim dan kanker payudara di hadiri oleh Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu (kemeja putih), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Utara, Rabu (06/02/2019) bertempat di Puskesmas Molingkapoto.

Kabupaten Gorontalo Utara, Dinkesprov – Pada Peringatan Hari Kanker Sedunia tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 4 Pebruari, Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara melakukan sosialisasi dan deteksi dini penyakit kanker leher rahim (IVA Test) dan kanker payudara (CBE/Clinical Breast Examination) di Puskesmas Molingkapoto Kabupaten Gorontalo Utara, Rabu (06/02/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu, Ketua Tim Penggerak PKK, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara bersama jajarannya dan Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

Thariq Modanggu mengungkapkan apresiasi dan penghargaan atas apa yang telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan Puskesmas dalam memberikan pelayanan khususnya penyakit kanker leher rahim dan kanker payudara.

“Apa yang telah dilaksanakan oleh Dinkes dan Puskesmas dengan melibatkan PKK patut diapresiasi. Proses sosialisasi kanker sudah berjalan, tetapi masih ada rasa malu dari masyarakat maka acara seperti ini kami dukung dengan sosialisasi berantai” ungkap Thariq.

Hal ini sejalan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati di bidang Kesehatan.

“Saya dan pak bupati dalam visi dan misi berkomitmen untuk memberikan pelayanan yg terbaik, sumber daya manusia yang dimulai dari apa yang dilakukan hari ini. Pelaksanaan pelayanan hari ini gratis dan kami harapkan bisa sesuai dengan visi dan misi kami tidak hanya gratis tapi ceria” tuturnya.

Di akhir sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan, Puskesmas dan PKK.

“Atas nama Pemda kami ucapkan. Terima kasih kepada Dinkes Puskesmas dan PKK. Mudah2an perjuangan ini menjadi perjuangan bersama membangun diri kita, keluarga dan daerah kabupaten Gorontalo Utara” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara dr. Wardana Harun mengatakan bahwa salah satu implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) adalah melakukan pemeriksaan kesehatan. Deteksi dini ini adalah termasuk dalam salah satu pemeriksaan khususnya ibu-ibu.

“Dalam launching Germas dianjurkan orang sehat memeriksakan Kesehatan secara rutin dan bagi ibu-ibu tambahannya IVA test dan periksa payudara” kata dr. Wardana.

Rilis : MD
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + eight =

scroll to top