Embrace of Wapili Persembahan Dinas Kesehatan di Gorontalo Karnaval Karawo

WhatsApp-Image-2023-08-16-at-08.55.48.jpg

Wapili kue tradisional Gorontalo (foto-budaya-indonesia.org)

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Kuliner khas Gorontalo dikenal memiliki citasa rasa yang kuat dan gurih. Salah satunya adalah wapili, kue tradisional Gorontalo yang sering disajikan saat ada acara adat.
Pesona kue wapili ini akan disuguhkan sebagai tema kostum dalam Gorontalo Karnaval Karawo pada Sabtu 19 Agustus 2023 oleh Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dengan nama Embrace of Wapili.

“Kue wapili ini sering menjadi sajian di setiap acara-acara besar keluarga, juga kegiatan Pemerintahan Gorontalo,” kata Anang S Otoluwa Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Selasa (15/8/2023).
Wapili salam ragam acara kebudayaan Gorontalo selalu hadir, wapili adalah pelengkap dalam keakraban keluarga.

“Kue wapili merupakan cemilan sejak zaman perang dunia pertama. Kue tersebut merupakan kekayaan kuliner yang bermotif khas kebudayaan Inggris dengan berbahan baku coklat. Namun, orang Belanda menyebutnya kue waffle,” ujar Anang Otoluwa.

Orang Eropa menyebutnya waffle yang diambil dari bahasa Belanda yang berarti sarang lebah.
Kue waffle menjadi favorit bagi kalangan bangsawan Belanda yang sering disajikan saat mereka berada di Gorontalo saat itu. Saking terkenalnya, masyarakat pribumi Gorontalo perlahan-lahan mulai melirik dan mengadopsi kue itu, serta merepresentasikan kembali dengan menggunakan bahan-bahan lokal Gorontalo.

Dari filosofi inilah kue wapili menjadi inspirasi karya kostum karnaval yang aka disuguhkan pada Gorontalo Karnaval Karawo.

Rilis : MD/ILB
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + fifteen =

scroll to top
Bahasa »