DWP Kanwil Kemenag dan Dinkes Provinsi Gelar IVA Test dan Sadanis

WhatsApp-Image-2022-08-10-at-3.02.10-PM.jpeg

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, SH., meninjau pelaksanaan IVA test dan Sadanis.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Perempuan Gorontalo diminta lakukan deteksi dini dengan lakukan IVA (Inspeksi Visual Asam Acetat) test untuk mendeteksi kanker serviks secara dini dan melakukan pemeriksaan atau test payudara klinis (Sadanis) untuk mendeteksi kanker payudara secara dini.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi, dr. Yana Yanti Suleman, SH., saat meninjau pelaksanaan IVA test dan Sadanis yang dilaksanakan oleh DWP Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Rabu (10/08/2022) bertempat di Asrama haji.

Sasaran pemeriksaan IVA test dan sadanis yakni pada wanita usia subur atau sudah pernah berhubungan sex maupun menikah, sejumlah 125 orang yang merupakan anggota DWP Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo dan pegawai Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo.

“Apabila ditemukan yang positif dari hasil test IVA maupun Sadanis maka akan ditindaklanjuti oleh dokter ahli dalam bidang tersebut,” ungkap dr. Yana.

Selain itu pihaknya juga akan melakukan penyuluhan tentang kanker, baik serviks maupun kanker payudara. Namun tak menutup kemungkinan juga beberapa kanker lainnya.

“Saat ini dengan transformasi Kesehatan, kita akan perkuat upaya promotif dan preventif dengan memanfaatkan media sosial sebagai salah satu upaya memberikan edukasi dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kanker serviks dan payudara,” tandasnya.

Rilis : Iswan/MD
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 11 =

scroll to top