Dinkes Provinsi Terima 10 Orang Relawan Seleksi BTKL Manado dan 1 Bilik Swab Test

IMG-20200824-WA0038.jpg

Serah terima bilik swab test dari BTKL Manado yang diterima Kasie Surveilans Imunisasi Erni Mansur, SKM., M. Kes., Senin (24/08/2020) di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo menerima 10 orang relawan tracking, yang membantu tugas Gugus Tugas Covid-19 di Provinsi Gorontalo. Kesepuluh orang tersebut, terdiri dari 6 orang sarjana Epidemolog, 2 orang Perawat dan 2 Analis.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Erni Mansur, SKM mengatakan, kesepuluh orang tersebut merupakan tim yang diseleksi oleh Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Kelas 1 Manado Kementerian Kesehatan RI.

“Nantinya, mereka dipersiapkan membantu Tim Gugus Tugas Provinsi Gorontalo dalam melakukan tracking dan tracing bagi orang yang kontak dengan pasien positif Covid-19, ataupun wilayah yang masuk dalam pemantauan”, ungkap Erni.

Pembekalan Relawan Tim Tracking dan Tracing hasil rekruitmen BTKL Manado

Selain itu, kata Erni, BTKL Manado juga menyerahkan bilik untuk digunakan oleh petugas dalam melakukan swab di lapangan, sehingga langsung diketahui kasus positif tanpa harus menunggu lama.

Terpisah, Fifie Polak Kepala Seksi ADTL BTKL PP Kelas 1 Manado Kementerian Kesehatan RI menyampaikan, tim terbagi atas dua, yakni tim tracking ataupun melacak siapa saja yang melakukan kontak dengan pasien positif dan tim tracing untuk mengambil swab. Tim tersebut akan bekerja di Provinsi Gorontalo selama 4 bulan.

“Tujuan dari pembentukan tim ini adalah untuk menemukan dan memutus rantai penyebaran Covid-19, serta membantu mengumpulkan data di lapangan”, tegas Fifie.

Adapun anggaran yang digunakan dalam operasional tim ini, kata Fifie, seluruhnya dibiayai oleh Kementerian Kesehatan RI.

“Untuk itu, kami berharap, tim tersebut dapat bekerja maksimal dalam penanggulangan Covid-19 di Provinsi Gorontalo”, pungkasnya.

Rilis : Rinto
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + seven =

scroll to top