Dinkes Provinsi Rampungkan Penilaian Puskesmas Berprestasi, Cek Pengumumannya Disini

IMG-20190722-WA0028.jpg

Poto Bersama Tim penilai Puskesmas Berprestasi dan Pegawai Puskesmas Pilolodaa Kota Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Sebanyak 8 (delapan) Puskesmas terbaik utusan Kabupaten/ Kota mengikuti kegiatan penilaian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) berprestasi tahun 2019. Tim penilai kegiatan ini kamis (08/07/2019) dipimpin langsung oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda E. U. Nalole, M. Si., telah merampungkan seluruh agenda penilaian di Kabupaten/Kota. Adapun aspek penilaian meliputi; Adminitrasi dan Manajemen, Penyelenggaraan Upaya Puskesmas, serta Upaya Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Perorangan/ Klinis yang tertuang dalam ±200 dokumen telusur.

Tim penilai terdiri dari Plt Kepala Dinas, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer & Tradisional, serta Surveior Akreditasi FKTP dan Tim Pendamping mendapat sambutan hangat di masing-masing Kabupaten/Kota.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo selaku ketua Tim Penilai memberi apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran kesehatan di Kabupaten/ Kota serta kepada Pemerintah Daerah dalam pengembangan upaya kesehatan di puskesmas. Menurutnya, Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan mempuyai peran strategis dalam meningkatkan derajat kesehatan di wilayahnya.

“Kegiatan Penilaian FKTP Berprestasi ini dilaksanakan untuk mengimplementasikan amanat Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 24 tahun 2015 tentang Penilaian FKTP Berprestasi” ungkap Misranda.

Hasil dari kegiatan ini akan disampaikan kepada Kementerian Kesehatan, dan pemenangnya akan diundang menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional pada bulan November nanti. Sehingga, dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi puskesmas di Provinsi Gorontalo untuk semakin baik lagi dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan”.

Tim Penilai Puskesmas Berprestasi yang di pimpin Kabid Pelayanan Kesehatan Andriyanto Abdussamad, SKM., M. Kes., saat melakukan penilaian di Puskesmas Pilolodaa Kota Gorontalo

Substansi kegiatan penilaian yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan ini tidak semata-mata untuk mencari pemenang tetapi lebih kepada upaya pembinaan puskesmas, sehingga masyarakat benar-benar dapat merasakan manfaat Puskesmas sebagai pemberi layanan kesehatan di garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Andriyanto Abdussamad, SKM,M.Kes., penilaian FKTP berprestasi ini juga merupakan persiapan dan pemantapan bagi Puskesmas dalam pelaksanaan akreditasi di Provinsi Gorontalo

Sementara itu Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer & Tradisional, Nisma Abdurrahman, SKM, M. Kes., menjelaskan bahwa kegiatan penilaian FKTP Berprestasi ini sudah diikuti oleh provinsi Gorontalo selama enam tahun berturut-turut.

Provinsi Gorontalo berhasil mengantarkan Puskesmas Bongo Nol dan Puskesmas Bongo Dua hingga ke tingkat Nasional yang penghargaannya diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI; Puan Maharani di Taman Mini Indonesia Indah saat pencanangan Hari Kesehatan Nasional ke 50 tahun 2014.

“Untuk tahun ini harapan Kami tentunya Puskesmas yang akan diusulkan di Kementerian Kesehatan dapat menjadi nominator Puskesmas Berprestasi Tingkat Nasional” beber Nisma.

Selanjutnya, pada Senin (15/7), Tim Penilai FKTP Berprestasi telah menetapkan Puskesmas Terbaik Tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2019 yang terbagi dalam 3 kategori yakni; Puskesmas Perkotaan, Pedesaan, serta Terpencil/sangat terpencil. Penetapan tersebut berdasarkan hasil rekapitulasi nilai, baik dari verifikasi dokumen yang dikirimkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota maupun hasil kunjungan lapangan ke Puskesmas. Adapun nama-nama puskesmas tersebut berdasarkan urutan nilai adalah: A) Kategori Perkotaan; Puskesmas Pilolodaa Kota Gorontalo, Puskesmas Kabila Kab. Bone Bolango, Puskesmas Telaga Kab. Gorontalo. B) Kategori Pedesaan; Puskesmas Dungaliyo Kab. Gorontalo, Puskesmas Anggrek Kab. Gorontalo Utara C) Kategori Terpencil/Sangat Terpencil; Puskesmas Saritani Kab. Boalemo, Puskesmas Pancakarsa II Kab. Pohuwato, Puskesmas Bulawa Kab. Bone Bolango.

Dr. Darmiyanty Yahya selaku Surveior UKP berharap kegiatan penilaian ini dapat dimanfaatkan oleh puskesmas sebagai ajang Self Assessment sehingga dapat menjadi lebih baik lagi. “Agar puskesmas lainnya juga menerapkan prinsip peningkatan mutu yang ada didalam instrumen penilaian, sehingga kedepan pelayanan kesehatan kepada masyarakat lebih berkualitas dan memuaskan” pungkasnya.

Rilis : Surya Wijaya
Editor : Nancy Pembengo & MD

1 Reply to “Dinkes Provinsi Rampungkan Penilaian Puskesmas Berprestasi, Cek Pengumumannya Disini”

  1. Husna berkata:

    Luar biasa… selamat ya buat puskesmas berprestasi.. 😘👍💪💪

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − 6 =

scroll to top