Dinkes Provinsi Gelar Workshop BHD

IMG-20210501-WA0005.jpg

Praktek Workshop BHD

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melaksanakan kegiatan Workshop Bantuan Hidup Dasar Bagi petugas dan karyawan di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Jumat (23/04/2021) di Aula Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

Menurut Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional, Nisma Abdurrahman, SKM, M.Kes, kegiatan ini juga diselenggarakan untuk menindaklanjuti hasil pertemuan koordinasi klaster kesehatan serta sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan dasar terkait penatalaksanaan kasus kegawatdaruratan bagi masyarakat awam yang berada di lokasi rawan bencana.

“Adapun sasaran kegiatan ini adalah petugas mobil ambulans dan mobil jenazah, satpam, cleaning service, sopir dan karyawan di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo yang tidak memiliki latar belakang pendidikan kesehatan”, ucap Nisma.

Narasumber berasal dari Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) cabang Gorontalo.

Arifin Umar, S.Kep, Ns, M.Kep selaku ketua HIPGABI Gorontalo menegaskan bahwa keterampilan terkait penanganan kasus kegawatdaruratan awam perlu menjadi perhatian sebab pada saat terjadi bencana, yang pertama menjadi penolong adalah masyarakat di sekitar korban.

“Olehnya pada workshop BHD awam ini, Tim HIPGABI memberi muatan teori sekaligus praktek bagaimana melakukan pembebasan jalan napas, menilai respon korban, melakukan teknik resusitasi jantung paru, mengevakuasi korban serta keterampilan dasar lainnya”, kata Arifin.

Hadir pula dalam workshop ini Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan KB, dr. Rosina Kiu.

Rilis : Suryawijaya
Editor :Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 3 =

scroll to top