Dimasa Pandemi Covid-19, Apoteker AoC Harus Terus Berinovasi

IMG-20210618-WA0002.jpg

Monev Kinerja Gema Cermat di Kabupaten Boalemo

Kabupaten Boalemo, Dinkesprov – Sebagai salah satu program unggulan Kementerian Kesehatan, program GEMA CERMAT yang telah dicanangkan secara nasional sejak tahun 2015 ini berperan penting dalam memberdayakan masyarakat untuk mampu menggunakan obat dengan bijak. Penggunaan obat yang salah dan tidak sesuai peruntukkannya masih sering ditemui di beberapa fasilitas pelayanan kesehatan misalnya penggunaan antibiotik pada kasus yang tidak memerlukan antibiotik, penggunaan injeksi yang tidak sesuai indikasi maupun oleh masyarakat pada saat mereka melakukan swamedikasi.

Masyarakat yang sakit biasanya berusaha mengatasi gejala penyakitnya dengan melakukan pengobatan sendiri atau swamedikasi. Karena kurangnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam memilih obat yang benar-benar dibutuhkan sehingga menimbulkan potensi bahaya yaitu penggunaan obat yang salah (Drug Misuse), hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, Sutriani Lumula, S.St.M.Kes, saat membuka Pertemuan Monev Kinerja Gerakan Masyarakat Cedas Menggunakan Obat (GEMA CERMAT) untuk melindungi masyarakat dari penyalahgunaan obat dan penggunaan obat yang salah bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, Kamis 17 Juni 2021

Walaupun dimasa pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini, diharapkan tidak menyurutkan peran dari Apoteker Agent Of Change (AoC) GEMA CERMAT untuk terus memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesadaran, kepedulian dan pemahaman masyarakat tentang penggunaan obat secara benar dan bijak”, ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Seksi Tata Kelola Obat dan Pelayanan Kefarmasian Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Farid I. Adam, M.Kes., Apt. menambahkan selain bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelaksanaan program GEMA CERMAT selama ini, pertemuan yang dihadiri oleh Apoteker dan Temaga Teknis Kefarmasian yang bertugas di Puskesmas, Apotek dan Rumah Sakit ini sebagai forum untuk sharing serta diskusi terkait pelaksanaan Gema Cermat di masa pandemik Covid-19.

“Besar harapan kami, kepada apoteker AoC yang ada di Kabupaten Boalemo untuk terus berinovasi melaksanakan edukasi kepada masyakarat terkait Gema Cermat ini”, pungkasnya.

Rilis : Indah/ILB/AIS
Foto : Soe TKO
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 3 =

scroll to top