Deaponk Community Bukti Dukungan Masyarakat Membudayakan Germas

IMG-20200301-WA0001.jpg

Deaponk Community saat menggelar kegiatan olahraga bersepeda, Minggu (01/03/2020) di wilayah Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo

Kabupaten Pohuwato, Dinkesprov – Konsep pemberdayaan masyarakat merupakan bagian dari upaya promotif dan preventif yang menjadi bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan strategi pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Dalam mendukung hal tersebut, masyarakat Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato berkolarobasi dengan Puskesmas Motolohu dan pemerintah Kecamatan bersama komunitas Olahraga yaitu Deaponk Community menggelar kegiatan sepeda Sehat, Minggu (01/03/2020) di Kecamatan Randangan.

Menurut penanggung jawab Deaponk Community, Ahmad Abas yang merupakan tokoh masyarakat setempat bertujuan menggalang penggiat olahraga dengan misi menyehatkan masyarakat melalui kegiatan bersepeda.

“Moto kami yaitu Sehat dengan bersepeda yang dimaksudkan untuk mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas diwilayah Randangan” ungkap Ahmad.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Motolohu Triwijayati Djuari, SKM mengungkapkan, keberadaan Deaponk Community sangat penting dan menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dengan olahraga bersepeda harus terus didorong dan dilakukan pembinaan secara terus menerus sebagai bagian dari upaya promotif dan preventif.

“Saat ini pemerintah fokus pada upaya promotif dan preventif dan kami berharap konsep pemberdayaan masyarakat dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kesehatan adalah kebutuhan utama yang menjadi tanggung jawab bersama” ungkap Triwijayati.

Deaponk Community berdiri pada tanggal 19 Desember 2019 dan bersama Puskesmas Motolohu akan berupaya agar kegiatan ini berkesinambungan terjadwal dan terkonsolidasi dengan seluruh komponen masyarakat dari semua lapisan masyarakat tak terkecuali.

“Tentunya hal ini tidak lepas dari dukungan pemerintah Kecamatan utamanya” pungkasnya.

Rilis : Husna
Editor : Nancy Pembengo & MD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 2 =

scroll to top