Capai Target ODF, Bone Bolango Gelar Pemicuan STOP BABS.

WhatsApp-Image-2021-06-22-at-05.18.42.jpeg

Pemicuan STOP Buang Air Besar Sembarangan di Kabupaten Bone Bolango

Kabupaten Bone Bolango, Dinkesprov – Gerakan yang dilakukan oleh pihak puskesmas untuk melakukan pendekatan partisipatif dalam mengajak masyarakat untuk menganalisa kondisi sanitasi mereka melalui proses pemicuan, sehingga masyarakat dapat berfikir dan mengambil tindakan untuk meninggalkan kebiasaan buruk mereka mengenai Buang Air Besar disembarang tempat.

Untuk mencapai desa ODF (Open Defecation Free) di Bone Bolango melaksanakan pemicuan, Sabtu (19/06/2021) bertempat Desa Tumbuh Mekar, Kecamatan Bone dan Desa Moopiya, Kecamatan Bone Raya.

Kegiatan dihadiri dan disaksikan oleh Ketua Forum Kabupaten Sehat, Lolly Junus. Pada kesempatan itu Lolly mengungkapkan capaian yang ingin diraih Kabupaten Sehat untuk Bone Bolango.

“Target saya Kabupaten Bone Bolango harus bisa meraih Swasti Saba Wiwerda dan indikator penilaian utamanya adalah 80% desa harus ODF atau STOP BABS (Buang Air Besar Sembarangan)”, ungkap Lolly.

Selain meraih Swasti Saba Wiwerda, yang paling penting adalah terjadi perubahan perilaku.
“Sehingga dengan kegiatan pemicuan ini diharapakan bisa merubah perilaku masyarakat untuk buang air besar di jamban”, tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, SH mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Forum Kabupaten Sehat Bone Bolango untuk meraih Swasti Saba Wiwerda.

“Provinsi akan memberikan dukungan kepada Kabupaten dan Kota yang ingin meraih Swasti Saba dengan harapan tidak hanya sebatas formalitas penilaian tapi akhirnya adalah mencapai ODF dan merubah perilaku masyarakat menjadi lebih sehat dengan buang air besar di jamban”, pungkasnya.

Rilis : Iwan (Bonebol)
Editor : Nancy Pembengo & MD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − 6 =

scroll to top