Adinkes Gelar Rapat Kerja, Bahas Isu Terkini Bidang Kesehatan

IMG-20211222-WA0002.jpg

Rapat Kerja Asosiasi Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Dr. Darda Daraba berharap Asosiasi Dinas Kesehatan (Adinkes) dapat memberikan penguatan peran Dinas Kesehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Provinsi Gorontalo.

“Saya berharap rapat kerja Adinkes ini dapat menghasilkan ide-ide inovatif, tentunya akan didukung oleh Pemerintah Daerah dalam implementasinya”, ucap Sekda Darda saat membuka Rapat Kerja Adinkes, Selasa (21/12/2021) bertempat di Hotel Damhil.

Pada kesempatan itu, Darda menjelaskan tantangan kesehatan semakin besar, berbagai kebijakan telah ditetapkan untuk itu perlu dilakukan kajian, memberikan masukan kepada para pihak serta sebesar mungkin mengupayakan perspektif daerah yaitu Dinas Kesehatan dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan (terutama Puskesmas) sebagai garda depan pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa tercermin dan terakomodasi dalam kebijakan kesehatan kedepan.

“Adinkes diharapkan dapat mendukung pemerintah dalam pengembangan upaya kesehatan masyarakat, perorangan dan pemberdayaan masyarakat terutama pelayanan primer serta mendukung implementasi Jaminan Kesehatan Nasional di daerah”, ucap Darda.

Pada masa pandemi Covid-19 ini Adinkes dapat mendukung dan menciptakan inovasi-inovasi baru dalam upaya percepatan penanggulangan Covid-19 terutama keberhasilan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Darda juga mengungkapkan tantangan kesehatan yang semakin besar juga menuntut peningkatan kapasitas yang berkelanjutan bagi seluruh pekerja di sektor kesehatan. Adinkes dapat mendukung dan melaksanakan upaya dalam peningkatan kapasitas serta kompetensi pelaksanaan urusan pemerintahan di bidang kesehatan.

“Sebagai mitra pemerintah, Adinkes melakukan upaya advokasi, sosialisasi dan fasilitasi bagi terciptanya kebijakan yang berwawasan kesehatan”, pungkasnya.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Kesehatan, Andriyanto Abdussamad, SKM., M. Kes., mewakili Kadis Kesehatan Provinsi mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan adalah untuk menyusun uraian tugas pengurus dan rencana kerja Adinkes Provinsi Gorontalo 2021-2024.

“Juga membahas isu terkini bidang kesehatan terutama terkait percepatan penanggulangan Covid-19”, kata Andriyanto.

Peserta yang hadir pada kegiatan ini sebanyak 40 orang terdiri dari pengurus Adinkes, Direktur RSUD, Badan Pengawas Rumah Sakit dan Dewan Pengawas Rumah Sakit.

Rilis : MD/ILB
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − seven =

scroll to top