5 Pesan Agar Jemaah Haji Tetap Sehat Dalam Menjalani Ibadah Haji

IMG-20190414-WA0008.jpg

Sosialisasi Haji Sehat yang dihadiri Kepala Pusat Kesehatan Haji, Dr. dr. Eka Jusup Singka, MSc., Walikota Gorontalo, H. Marten Taha, Kepala Kanwil Kemenag, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. H. Triyanto S. Bialangi, M.Kes dan Kadinkes Kota Gorontalo, Minggu (14/04/2019) di Banthayo Yiladia Kota Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesgorontaloprov – Kepala Pusat Kesehatan Haji, Dr. dr. Eka Jusup Singka, MSc, ikut hadir dalam kegiatan Sosialisasi Istithaah Kesehatan Haji di Kota Gorontalo, Minggu (14/04/2019 di Banthayo Yiladia Kota Gorontalo.

Pertemuan ini dihadiri oleh Walikota Gorontalo, Ka Kanwil Kementerian Agama Gorontalo, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Kepala Dinas Kesehatan Kota Gorontalo dan 380 orang jemaah haji Kota Gorontalo.

dr. Eka berpesan kepada Jemaah haji kota Gorontalo dalam sambutannya, ada 5 hal yang harus selalu diingat bagi Jemaah haji yaitu:

  1. Sarapan sebelum berangkat ke Masjid.
  2. Sandal dibawa ke dalam Masjid.
  3. Jika sakit, pada saat melempar jumrah dapat dibadalkan.
  4. Jangan lupa sering-sering minum air.
  5. Gunakan Masker setiap keluar ruangan.

Kapus Haji juga menjelaskan ketika ditanyakan apakah Jemaah haji 1 kloter sebanyak 450 orang, namun jumlah petugas kesehatan hanya 3 orang, apakah mampu melayani 450 orang.

Kadinkes Provinsi Gorontalo dr. H. Triyanto S. Bialangi, M.Kes saat memberikan sambutan dihadapan Jemaah Calon Haji Kota Gorontalo

“Jika dilihat dari jumlah memang terlihat kurang, namun untuk menambah jumlah petugas bukan wewenang kementerian kesehatan. Kami Tim Kesehatan menggunakan strategi jejaring dengan perangkat kloter lainnya dan memaksimalkan semua sumber daya yang ada” jelas dr. Eka.

Selain itu, dr. Eka mengungkapkan bahwa TKHI tidak hanya bekerja sendiri tetapi bekerja bersama ketua rombongan, ketua kloter dan pembimbing ibadah.

“Saya berharap kami juga dapat bekerjasama dengan KBIH-KBIH yang ada” ungkap dr. Eka.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan Jemaah haji kota Gorontalo khususnya dapat menjaga kesehatannya dan bisa menjalankan ibadah haji dengan baik dan kembali ke Indonesia menjadi haji yang mabrur. Haji sehat Haji Mabrur.

Sementara itu, Walikota Gorontalo Bapak Marten H. Taha SE, M.EC. Dev menyampaikan Program manasik haji terpadu sejak tahun 2014 telah dimasukan kedalam APBD Kota Gorontalo untuk pembinaan Jemaah haji.

“Tidak hanya untuk bimbingan ibadah saja tapi juga kesehatannya. Kami berharap agar jemaah haji dapat menjalankan ibadah haji dengan sempurna dan diberikan kesehatan sampai kembali ke tanah air” kata Marten saat memberikan sambutan.

Acara dilanjutkan dengan dialog tanya jawab dengan Jemaah Calon Haji Gorontalo yang hadir pada kegiatan ini.

Rilis : Najmi
Editor : Nancy Pembengo & MD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 − six =

scroll to top