Upacara Api Unggun Akhiri Pertihusada Ke 2 Tingkat Daerah Gorontalo

IMG-20191029-WA0022.jpg

Upacara Api Unggun mengakhiri kegiatan Perkemahan Bakti Saka Bakti Husada Ke 2 Tingkat Daerah Gorontalo Tahun 2019, Selasa (29/10/2019) di Buper Pentadio Resort Kabupaten Gorontalo

Kabupaten Gorontalo, Dinkesprov – Pelaksanaan Perkemahan Bakti Saka Bakti Husada (Pertihusada) ke 2 tingkat Daerah Gorontalo Tahun 2019 telah memasuki malam terakhir, Selasa (29/10/2019) di Buper Pentadio Resort Kabupaten Gorontalo.

Kegiatan malam ini diisi dengan Penobatan Duta Pertihusada tahun 2019 yang menampilkan utusan dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten dan Kota se Provinsi Gorontalo. Adapun finalis yang terpilih sebagai Duta Pertihusada berasal dari utusan Kwarcab Kabupaten Gorontalo atas nama Yasdil Lasoma untuk putra dan Duta Pertihusada putri atas nama Nazwa QS. Hamid utusan Kwarcab Kabupaten Boalemo. Selain penobatan Duta Pertihusada juga dilakukan penobatan Duta Gizi dan Kesehatan Keluarga.

Penobatan Duta Pertihusada Tahun 2019

Acara dilanjutkan dengan penurunan bendera kegiatan, prosesi adat ambalan racana (ambacana) dan prosesi api unggun serta penutupan oleh Wakil Ketua Pembinaan Orang Dewasa Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Gorontalo Kak Arifasno Napu.

Dalam sambutannya, Kak Arifasno menyampaikan bahwa saat ini telah ditetapkan Permenkes 38 tahun 2019 tentang Saka Bakti Husada sehingga semakin jelas pelaksanaan bahkan dalam penganggarannya.

Selain itu, malam ini akan ditetapkan Duta SBH serta Duta Gizi dan Kesga yang akan menjadi mitra pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo sampai 2 (dua) tahun yang akan datang.

Pada kesempatan ini juga disampaikan bahwa untuk Pertihusada Ke-3 Kabupaten Pohuwato telah menyatakan kesediaan dirinya menjadi tuan rumah, kak Arifasno juga berharap utusan-utusan Kwarcab dapat mengembangkan SBH di wilayahnya.

Ketua Panitia Pelaksana Kak Nancy Pembengo Menyerahkan hadiah kepada Duta Gizi dan Kesga terpilih

Diakhir sambutannya, Kak Arifasno mewakili Ka Kwarda mengucapkan terima kasih atas penyelenggaraan Pertihusada ke-2 terutama kepada Ka Mabicab dan Ka Kwarcab Kabupaten Gorontalo.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pertihusada ke-2, kak Nancy Pembengo mengatakan bersyukur atas penyelenggaraan kegiatan perkemahan yang berjalan dengan aman, lancar dan tanpa kendala yang berarti.

“Dalam setiap pelaksanaan kegiatan pasti ada hal-hal yang tidak terduga terjadi tapi masih dalam batas kewajaran dan tidak mengganggu. Semua berjalan dengan baik, aman dan terkendali, akhirnya saya ucapkan selamat dan sampai berjumpa lagi di Pertihusada ke-3, Insyaa Allah” kata Nancy.

Penutupan Pertihusada ke-2 ini juga diumumkan pemenang lomba-lomba yang dilaksanakan selama pelaksanaan kegiatan dan hiburan oleh peserta. Juara umum kali ini diraih oleh Kwarcab Kabupaten Gorontalo dengan perolehan 6 emas dan 1 perunggu.

Rilis : MD & ILB
Foto : Reza & Andi
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + three =

scroll to top
X