Tingkatkan Vaksinasi Covid-19, Puskesmas Atinggola Gelar Vaksinasi di Desa Hingga Pasar

IMG-20211121-WA0002.jpg

Suasana pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara.

Kabupaten Gorontalo Utara, Dinkesprov – Upaya mempercepat dan meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 semakin gencar dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi maupun kabupaten/kota. Hal itu dilakukan dengan dukungan dari berbagai pihak terkait dengan target sebelum akhir tahun 2021 sebagian besar masyarakat sudah divaksin Covid-19.

Di Kabupaten Gorontalo Utara vaksinasi Covid-19 sudah mencapai 50,5% untuk dosis pertama. Sementara untuk dosis kedua sudah 30,2%.

“Banyak pihak yang sudah terlibat dalam mendorong percepatan vaksinasi ini. Mulai dari TNI, POLRI, Kejaksaan Negeri, pemerintah kecamatan dan desa, ormas dan sebagainya. Bahkan para pelaku UMKM juga memberikan kontribusinya,” kata Kadis Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara Rizal Yusuf, SKM saat diwawancarai.

Rizal juga mengungkapkan berbagai upaya telah dilakukan demi percepatan program vaksinasi. Mulai dari meningkatkan intensitas penyuluhan dan sosialisasi, hingga melakukan vaksinasi di tempat-tempat umum dan ramai seperti pasar.

“Terakhir kami juga tengah berupaya menarik minat masyarakat dengan cara melaksanakan vaksinasi di kapal perang milik angkatan laut. Nah hal ini diharapkan akan mempunyai daya tarik sendiri bagi masyarakat terutama remaja yang ingin berswafoto di sebuah kapal perang,” ungkapnya.

“Kami memanfaatkan hampir semua media yang ada untuk memberi sosialisasi terkait vaksinasi Covid19. Mulai penyuluhan langsung tatap muka, maupun yang tidak langsung seperti media sosial, spanduk dan baliho, juga media massa. Selain itu media-media ini juga digunakan untuk menepis hoax yang beredar,” imbuhnya.

Sementara itu, KTU Puskesmas Atinggola Roslina Olii, SKM yang ditemui menjelaskan terkait capaian vaksinasi Covid-19 diwilyah perbatasan Provinsi Gorontalo dengan Sulawesi Utara, dari 11.234 jiwa sasaran yang sudah divaksin dosis pertama 39,58% dan dosis kedua 23,22%.

“Kami berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan untuk menentukan lokasi vaksinasi di desa dan penyusunan jadwal pelaksanaan diambil alih oleh pemerintah Kecamatan dan didukung oleh pemerintah desa, TNI-POLRI” ucap Roslina.

Selain melakukan vaksinasi di puskesmas, petugas Vaksinator juga melaksanakan vaksinasi di desa sesuai lokasi yang telah ditentukan.
“Selain didesa saat ini kami juga melakukan vaksinasi di pasar-pasar, bahkan hari minggu vaksinasi dibuka dengan sasaran pedagang pasar dan masyarakat umum dan mendapat respon yang baik” imbuhnya.

Upaya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya vaksinasi terus dilakukan diantaranya dengan penyuluhan langsung saat vaksinasi dilakukan.

Selain itu, Roslina juga mengatakan jenis vaksin Covid-19 yang telah diberikan pada masyarakat yaitu Sinovac (Coronavac) dan Moderna, pungkasnya.

Rilis : MD/ILB/AH
Foto : AIS/Monic
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − 16 =

scroll to top