Tingkatkan Produktivitas dan Cegah PTM, Jajaran Dinas Kesehatan Ukur Kebugaran dengan Aplikasi SIPGAR

WhatsApp-Image-2023-02-05-at-08.06.38.jpg

Jajaran Dinas Kesehatan saat melakukan pengukuran kebugaran jasmani dengan menggunakan aplikasi Sipgar.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dalam menghadapi tantangan yang semakin berat dimana transisi pandemi covid-19 menuju endemi sehingga di perlukan sumber daya yang kuat dan tangguh.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi, Janni S. Kiai Demak saat mengikuti pengukuran kebugaran jasmani bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Jum’at (03/02/2023) di Gelanggang Olahraga Nani Wartabone Kota Gorontalo.

“Test kebugaran ini bisa dilakukan secara mandiri maupun secara bersama-sama lewat aplikasi Sipgar. Tadi dari hasil test kebugaran rata-rata mendapat hasil cukup, yang hasilnya sangat baik masih kurang, mungkin karena pengaruh faktor umur,” kata Janni.

Selain meningkatan produktivitas dan kebugaran ASN dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya yaitu pelayanan kepada masyarakat, pengukuran kebugaran dapat mencegah peningkatan penyakit tidak menular.

“Hal ini juga dalam rangka menurunkan penyakit tidak menular karena saat ini banyak orang yang kolesterol, darah tinggi, diabetes mellitus dan lain-lain sehingga diharapkan kegiatan ini dapat mengurangi resiko-resiko penyakit baik penyakit tidak menular ataupun menular,” pungkas Janni.

Pengukuran kebugaran dilakukan dengan menggunakan aplikasi Sipgar yang diinstal pada perangkat smartphone android dimana aplikasi ini mengukur kebugaran dengan metode rockport. Rockport adalah salah satu metode pengukuran kebugaran jasmani dengan menghitung waktu tempuh seseorang saat menempuh lintasan 1600 meter. Rockport merupakan pengukuran Kebugaran jantung paru yang merupakan salah satu komponen terbesar yang mempengaruhi kebugaran seseorang.

Rilis : MD
Videografer : ILB
Foto : AIS/Dandi
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − 2 =

scroll to top
Bahasa »