Puskesmas Dungaliyo Wakili Provinsi Gorontalo Dalam Penilaian FKTP Berprestasi Tingkat Nasional

IMG-20190911-WA0001.jpg

Poto Bersama Tim penilai FKTP Berprestasi tingkat Nasional, Tim Dinas Kesehatan Provinsi, jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo dan Puskesmas Dungaliyo, Selasa (10/09/2019)

Kabupaten Gorontalo, Dinkesprov – Sebagai implementasi permenkes 24 tahun 2015 tentang penilaian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) berprestasi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia melaksanakan penilaian FKTP Berprestasi tingkat nasional.

Kemenkes telah menerima usulan dari 59 (lima puluh sembilan) FKTP yang tersebar di seluruh Indonesia yang terdiri dari 3 (tiga) kategori perkotaan sebanyak 18 puskesmas, kategori pedesaan 20 puskesmas, 11 puskesmas kategori terpencil/sangat terpencil, serta 10 klinik pratama.

Untuk Provinsi Gorontalo diwakili oleh Puskesmas Dungaliyo dimana akan bersaing dengan puskesmas kategori pedesaan dari DI Jogjakarta dan Kalimantan Tengah. Masa penilaian dimulai pada Selasa (10/09/2019) dan berlangsung selama 2 (dua) hari.

Tim penilai melakukan telusur dokumen

Menurut Telly Verawati, SKM, M.Kes, selaku Tim Penilai dari Subdit Mutu dan Akreditasi Kemenkes, penilaian FKTP merupakan salah satu cara untuk menilai pelayanan kesehatan yang berkualitas melalui perbaikan tata kelola secara bertahap dan berkesinambungan dengan standar dan instrumen penilaian yang telah ditetapkan.

“Penilaian telah melalui beberapa tahap dari kelengkapan berkas dokumen, pemeriksaan isi dokumen dan saat ini adalah tahap verifikasi lapangan untuk menilai langsung ke daerah sehingga akan terpilih 3 (tiga) terbaik dari beberapa kategori dan akan diumumkan pada Hari Kesehatan Nasional bulan Nopember 2019” ungkap Telly.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Kesehatan Andriyanto Abdussamad, SKM, M.Kes, yang turut mendampingi tim penilai mengatakan, penilaian ini seharusnya bisa memberikan motivasi puskesmas dalam upaya peningkatan mutu.

“Harapan kami, Puskesmas Dungaliyo dapat menjadi wakil Provinsi Gorontalo di tingkat nasional dengan predikat terbaik sehingga memotivasi puskesmas lainnya di Gorontalo untuk meningkatkan mutu pelayanan” kata Andriyanto.

Adapun tim penilai yang terlibat terdiri dari tim dari Direktorat Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan, lintas program di lingkungan Kemenkes dan lintas sektor dengan melibatkan para ahli/pakar dari Surveior yang sudah terbiasa menilai FKTP untuk kepentingan akreditasi.

Rilis : MD & Surya
Poto : Yankes Primer dan Kestrad
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × three =

scroll to top