Tangani “Yang Tersayang”, Puskesmas Bulango Timur Canangkan Gerbang Sejati dan Lantik TPKJM

IMG-20220302-WA0012.jpg

Launching Gerbang Sejati dan Pelantikan Tim TPKJM

Kabupaten Bone Bolango, Dinkesprov – Puskesmas Bulango Timur melaksanakan Pencanangan Gerakan Bersama Tangani Kesehatan Jiwa Terintegrasi (Gerbang Sejati) dan pelantikan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Kecamatan Bulango Timur, Rabu (02/03/2022) bertempat di kantor Desa Bulothalangi.

Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) atau oleh masyarakat Bulango Timur disebut “Yang Tersayang”. Selain itu, dengan pembentukan tim TPKJM ini sebagai upaya melakukan pencegahan mengingat jumlah ODGJ di Kecamatan Bulango Timur sebanyak 24 orang atau kurang lebih 10% dari total ODGJ Kabupaten Bone Bolango dan angka ini melampaui angka Nasional.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Bone Bolango H. Hamim Pou saat mencanangkan Gerbang Sejati dan melantik tim TPKJM. Hamim juga menyambut positif langkah yang dilakukan Puskesmas dan lintas sektor.

“Ini bagus karena ditangani secara terpadu karena melibatkan banyak pihak diantaranya pemerintah, unsur Kesehatan, pemerintah desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dengan cara seperti itu itu bisa lebih efektif mencegah terjadinya gangguan kejiwaan atau stres tingkat tinggi ditingkat masyarakat” imbuhnya.

Kepala Puskesmas Bulango Timur Ersilawati Abas, SKM menjelaskan kegiatan ini adalah inovasi Puskesmas dalam penanganan ODGJ dengan berbagai kegiatan yang akan dilakukan.

“Untuk TPKJM kami akan melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan, kegiatan keagamaan, senam bersama, mengukur tingkat kemandirian ODGJ dan menyediakan buku kontrol KMSJ (Kartu Menuju Sehat Jiwa)” pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan pemeriksaan kesehatan dan Screening Penyakit Tidak Menular bagi ODGJ yang hadir dengan didampingi keluarga dan kader kesehatan.

Rilis : MD
Video/Foto : ILB/Monik
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − 3 =

scroll to top
Bahasa »