Provinsi Gorontalo Catat Penambahan Kasus Konfirmasi Positif Covid-19 Dari Pelaku Perjalanan Luar Daerah

IMG-20220205-WA0001.jpg

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, SH., dan Juru Bicara Satgas Covid-19 dr. Triyanto S. Bialangi, M. Kes., saat memberikan keterangan pers beberapa waktu lalu.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Sampai dengan hari ini, Jum’at (04/02/2022) Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Gorontalo mencatat telah ada 12 (dua belas) orang pelaku perjalanan dari luar daerah dengan hasil rapid Ag positif (+) dan dilanjutkan dengan pemeriksaan PCR dengan hasil positif (+) Covid-19.

“Dari sejumlah kasus positif tersebut sampelnya semua telah dikirim ke BTKL Manado untuk diperiksa lebih lanjut dan menunjukkan 1 (satu) sampel probable omicron”, ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, SH.

Ditambahkan Yana, para pelaku perjalanan tersebut menggunakan moda transportasi pesawat udara dan kapal laut dengan rincian : 3 orang tiba menggunakan pesawat udara pada tanggal 21 Januari 2022, 2 orang tiba dengan pesawat udara pada tanggal 23 Januari 2022, 2 orang tiba dengan pesawat udara pada tanggal 25 Januari 2022, 1 orang tiba dengan pesawat udara pada tanggal 30 Januari 2022, 1 orang tiba dengan kapal laut pada tanggal 31 Januari 2022, 1 orang tiba dengan pesawat udara pada tanggal 02 Februari 2022 dan 1 orang tiba dengan pesawat udara pada tanggal 04 Februari 2022.

“Semuanya sudah diisolasi terpusat”, ujar Yana.

dr. Yana juga menegaskan adanya penambahan kasus konfirmasi positif membuktikan screening antigen yang dilakukan di bandara dan pelabuhan efektif dalam penemuan kasus sehingga respon dalam penanganan dan pengobatan bisa cepat dilakukan.

“Semua pintu masuk di Provinsi Gorontalo harus diperketat untuk itu kami berharap dukungan dan keterlibatan lintas sektor terkait agar transmisi lokal dapat dicegah” ucapnya.

Sementara itu, ditempat terpisah, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Gorontalo, dr. Triyanto S. Bialangi menghimbau kepada masyarakat yang menjadi kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif agar secara aktif melakukan pemeriksaan untuk mencegah penularan virus ini di Provinsi Gorontalo.

“Saya harap agar protokol kesehatan 5M tetap dijalankan dengan disiplin dan memasifkan 3T (test, tracing dan treatment) serta meningkatkan capaian vaksinasi guna membentuk kekebalan kelompok”, tutup Triyanto.

Hotline #SahabatSehat 082346631929 atau cek informasi di website dinkes.gorontaloprov.go.id dan media sosial Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

Rilis : MD
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 − three =

scroll to top