Pertihusada Ke 2 Tingkat Daerah Gorontalo Resmi Dibuka Ka Kwarda Kak Idah Syahidah

IMG-20191027-WA0054.jpg

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Gorontalo Kak Idah Syahidah Rusli Habibie didampingi Ka Mabisaka Daerah Gorontalo Kak Misranda Nalole, Ketua Kwarcab Kabupaten Gorontalo Fory Naway dan Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri Kemenkes yang juga Wakil Ketua Harian Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional kak Acep Somantri membunyikan alat musik Polopalo tanda dimulainya Pertihusada 2 Tingkat Daerah Gorontalo Tahun 2019, Minggu (27/10/2019) di Buper Pentadio Resort Kabupaten Gorontalo

Kabupaten Gorontalo, Dinkesprov – Perkemahan Bakti Saka Bakti Husada (Pertihusada) ke 2 tingkat Daerah Gorontalo Tahun 2019 Resmi di buka oleh Ka Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Gorontalo Kak Idah Syahidah Rusli Habibie, Minggu (27/10/2019) di Buper Pentadio Resort Kabupaten Gorontalo. Pertihusada 2 mengusung tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul melalui Gerakan pramuka”.

Kak Idah tiba dilokasi dan langsung menyapa para peserta yang sudah menanti kedatangannya. Sebelum acara pembukaan Pertihusada 2 dimulai, peserta dan undangan dihibur dengan performance dari SDN 19 Limboto Kabupaten Gorontalo yang menampilkan tarian kreasi semapor, kemudian dilanjutkan dengan atraksi tarian Line dari SMP 1 dan SMP 2 Limboto dan atraksi tarian Mopobibi oleh seluruh peserta.

Performance peserta Pertihusada 2 Tingkat Daerah Gorontalo Tahun 2019

Pembukaan diawali dengan acara adat Ambalan racana (ambacana) dipimpin oleh Ketua dewan kerja kak Azizah Nur Abas selaku pemangku adat dan laporan pelaksanaan oleh Ka Mabisaka Daerah Gorontalo Kak Misranda E. U. Nalole.

Kak Misranda menyampaikan tujuan pelaksanaan Pertihusada 2 adalah memberikan wawasan dan pengalaman anggota satuan karya Pramuka dalam keterampilan dan pengembangan dunia kesehatan, memperkuat silaturahmi dan menjadikan peserta sebagai kader kesehatan dalam binaan kwartir cabang dan ranting.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Gorontalo Kak Idah Syahidah Rusli Habibie mengatakan dengan pelaksanaan Perkemahan ini banyak yang akan dilakukan yang berhubungan dengan kesehatan seperti lomba menu sehat dan lingkungan bersih.

“Mudah-mudahan adek-adek ini dapat mewujudkan dengan karya nyata yang dilaksanakan dilapangan, karena mereka sejak kecil diajarkan kesehatan dan kepedulian terhadap lingkungan tetapi mereka lebih di push lagi agar mereka memahami Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)” kata kak Idah.

Kak Idah berharap peserta semangat dan dapat mengikuti kegiatan sampai selesai dan tetap sehat kemudian dapat mengikuti kegiatan dengan semaksimal mungkin dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri Kemenkes yang juga Wakil Ketua Harian Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional kak Acep Somantri berharap bahwa kegiatan ini merupakan suatu momentum yang baik dengan adanya Saka Bakti Husada, maka kegiatan-kegiatan maupun pelatihan Saka Bakti Husada makin meningkat di Gorontalo.

“Ini betul-betul merupakan satu forum bagi anggota Saka Bakti Husada untuk berbagi pengalaman dalam meningkatkan keterampilan dan yang paling penting membangun jejaring supaya nanti sesudah pertemuan Saka Bakti Husada mereka bisa saling berkomunikasi, saling melanjutkan berbagi pengalaman sehingga pengetahuan Saka Bakti Husada bisa disebarkan di seluruh Gorontalo” kata ka Acep.

Kak Acep Somantri Wakil Ketua Harian Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional kak Acep Somantri membacakan sambutan Pimpinan Saka Bakti Husada

Kak Acep juga berpesan untuk terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dan mengharapkan agar dapat menjadi agen pembaharu dalam mendukung pembangunan Indonesia Sehat.

Pada kegiatan ini akan dilaksanakan jenis-jenis kegiatan diantaranya kegiatan umum, kegiatan bakti fisik, bakti non fisik, materi kepramukaan, berbagai lomba dan kegiatan khusus bina/damping. Adapun jumlah peserta Pertihusada 2 yang terdaftar sebanyak 448 orang dengan rincian masing putra dan putri 224 orang, Pembimbing pendamping 57 orang dan pimpinan Kontingen 12 orang.

Rilis : MD & ILB
Foto/Video : Reza & Andi
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − two =

scroll to top
X