Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 57 di Gorontalo Utara Berlangsung Meriah

IMG-20211117-WA0013.jpg

MoU Percepatan Desa ODF Antara Bupati dan 11 Camat pada Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 57 tingkat kabupaten Gorontalo Utara, Selasa (16/11/2021) bertempat di Halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara.

Kabupaten Gorontalo Utara, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara menggelar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 57 pada Selasa (16/11/2021). Acara yang digelar di halaman kantor Dinas Kesehatan tersebut berlangsung meriah dengan dihadiri oleh Bupati Gorontalo Utara, unsur Forkopimda, Pj Sekretaris Daerah, Kepala-kepala OPD, Sejumlah Kepala Desa dan Camat, unsur organisasi masyarakat, organisasi wanita, dan dunia usaha.

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin memulai sambutannya dengan mengajak seluruh hadirin untuk mendo’akan mendiang tenaga kesehatan yang gugur dalam tugas atas perjuangannya melawan Covid19.

“Marilah kita do’akan para tenaga kesehatan yang telah berjasa menyelamatkan banyak nyawa namun gagal untuk bertahan akibat virus Covid-19,” ucap Bupati Indra

Indra Yasin mengatakan Covid-19 masih menjadi persoalan yang harus dihadapi bersama. Meski Gorontalo Utara berada di zona hijau, Ia mengajak masyarakat untuk tetap waspada dan tidak luput terhadap protokol kesehatan.

“Protokol Kesehatan ini penting sebab harus diakui saat ini Covid19 masih mengintai kita,” katanya.

Indra Yasin melanjutkan, animo masyarakat untuk ikut Vaksinasi Covid19 saat ini perlu dihidupkan kembali. Menurutnya, peralihan jenis vaksin dari Sinovac ke Moderna tidak seharusnya menyurutkan minat masyarakat untuk menjalani vaksinasi.

“Sehingganya saya rasa ini adalah momen yang tepat, dan saya berharap setelah perayaan Hari Kesehatan Nasional ini kita sama-sama berjuang lebih keras lagi untuk menyelesaikan masalah-masalah Kesehatan, khususnya vaksinasi dan wabah virus Covid19,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Rizal Y. Kune menjelaskan Hari Kesehatan Nasional kerap diperingati setiap tanggal 12 November sejak tahun 1959.

Setiap tahunnya kata Rizal, Hari Kesehatan Nasional diperingati dengan tema yang berbeda, namun dengan tujuan yang sama yakni memberikan pengetahuan dan edukasi pada masyarakat untuk menanamkan nilai-nilai kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Adapun tema hari kesehatan nasional di tahun 2021 ini adalah Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku. Tema ini diambil untuk mengingatkan pada kita semua bahwa hidup sehat adalah modal utama membangun negeri ini agar terus tumbuh,” ujar Rizal.

Ia juga menjelaskan makna logo Hari Kesehatan Nasional yang membentuk angka 5 dan 7 yang menyerupai manusia yang saling bertautan.

“Ini bermakna kerjasama. Artinya untuk membentuk masyarakat yang sehat secara mandiri memerlukan kerjasama dari kita semua. Jika kerjasama ini terjalin dengan baik maka upaya ini akan lebih mudah untuk dilakukan dan diwujudkan,” tuturnya.

Atas dedikasi dalam mendukung dan melaksanakan program-program kesehatan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara melalui Dinas Kesehatan memberi penghargaan kepada sejumlah pihak diantaranya pemerintah kecamatan, pemerintah desa, dan juga pelaku usaha.

Adapun pemerintah Kecamatan dan Desa serta pelaku usaha yang mendapat penghargaan adalah sebagai berikut:

  1. Desa Terbaik Dalam Mendukung Program Germas DIberikan Kepada Desa Tombulilato, Desa Buladu, dan Desa Molingkapoto Selatan
  2. Kecamatan Terbaik Dalam Mendukung Penurunan Stunting Diberikan Kepada Kecamatan Sumalata Timur
  3. Kecamatan Dengan Jumlah ODF Tertinggi Diberikan Kepada Kecamatan Sumalata Timur
  4. Desa Terbaik Dalam Mendukung Program G1R1J Diberikan Kepada Desa Leboto
  5. Desa 5 Pilar STBM Tahun 2021 Diberikan Kepada Desa Buladu
  6. Tim Penggerak PKK Terbaik Dalam Mendampingi Industri Rumah Tangga Pangan Diberikan Kepada TP-PKK Desa Leboto
  7. Pelaku Usaha Paling Inovatif Dalam Industri Rumah Tangga Pangan Diberikan Kepada Tetty Usman
  8. Kecamatan Dengan Persentase Vaksinasi Covid-19 Tertinggi I (Kesatu) Diberikan Kepada Kecamatan Ponelo Kepulauan
  9. Kecamatan Dengan Persentase Vaksinasi Covid-19 Tertinggi II (Kedua) Diberikan Kepada Kecamatan Kwandang
  10. Kecamatan Dengan Persentase Vaksinasi Covid-19 Tertinggi III (Ketiga) Diberikan Kepada Kecamatan Monano
  11. Kecamatan Peduli ASI Ekslusif Diberikan Kepada Kecamatan Tolinggula
  12. Mitra Terbaik Dalam Mendukung Program Vaksinasi Diberikan Kepada Polres Gorontalo Utara, Komando Distrik Militer 1314 Gorontalo Utara, dan Kejaksaan Negeri Gorontalo Utara.

Tidak hanya memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak yang berprestasi, Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara juga memberikan ‘Warning’ kepada beberapa kecamatan diantaranya Kecamatan Sumalata akibat Kematian Ibu yang cukup tinggi serta kecamatan Tomilito dari hasil sementara gelar timbang bayi balita berpotensi memiliki angka stunting.

Rilis : Andre
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × five =

scroll to top