Penjagub Ismail Minta Bantuan PMT Melalui Insentif Fiskal Terealisasi di Akhir Tahun 2023

IMG-20231109-WA0040.jpg

Penjagub Ismail Pakaya memberikan sambutan dan meresmikan kick off Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Berbasis Pangan Lokal yang bersumber pada anggaran dana insentif fiskal Provinsi Gorontalo tahun 2023, Kamis (09/11/2023) di Puskesmas Sipatana, Kota Gorontalo.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya meresmikan kick off Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Berbasis Pangan Lokal yang bersumber pada anggaran dana insentif fiskal Provinsi Gorontalo tahun 2023, Kamis (09/11/2023) di Puskesmas Sipatana, Kota Gorontalo.

Penjabat Gubernur Ismail Pakaya meminta dana insentif fiskal ini harus terserap sebelum berakhirnya tahun 2023 untuk mempercepat penurunan prevalensi stunting hingga mencapai 14% di tahun 2024.

“Dana insentif fiskal itu tidak harus selesai tahun ini (2023), jadi ada kelonggaran waktu sampai tahun depan (2024) tapi saya minta tahun ini selesai karena kita ada 6 daerah, 5 Kabupaten 1 Kota karena diberikan ke ibu-ibu kader di desa. Saya yakin ini bisa terlaksana, nanti yang tahun depan kita bicara lagi anggaran tahun depan. Jadi ini untuk stunting karena kita berharap tahun depan kita 14%,” ucap Ismail saat diwawancarai tim Infokom.

Penjagub Ismail Pakaya mencoba makanan PMT berbahan lokal yang telah di masak.

Penjagub Ismail menegaskan komitmen pemerintah Provinsi Gorontalo untuk menganggarkan pemberian PMT lokal melalui APBD.

“Insya Allah masih ada lewat APBD provinsi ada diluar insentif fiskal. Saya kira kita terus lanjutkan karena menjaga anak stunting jangan sampai ibu-ibu melahirkan stunting itu tidak hanya tahun ini sampai kapanpun kita akan terus jaga itu,” ujar Ismail.

Penjagub Ismail Pakaya didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Anang S. Otoluwa, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Gorontalo menyerahkan secara simbolis bantuan berupa telur, susu dan vitamin kepada ibu hamil, orang tua yang memiliki bayi dan balita.

Pada kesempatan itu Penjagub mencicipi PMT berbahan pangan lokal yang telah diolah dan dimasak oleh kader yang didampingi petugas gizi.

Adapun sasaran pemberian bantuan PMT ini ditujukan kepada ibu hamil KEK sebanyak 1142 orang, bayi dan balita gizi kurang, gizi buruk 4.145 serta balita stunting dengan jumlah sasaran 5.132 balita.

Rilis : MD
Videografer : Aripin
Video Editor : Reza
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + 11 =

scroll to top
Bahasa »