Pemanfaatan Tanaman Tradisional Melalui TOGA Perlu Terus Dilestarikan

IMG-20200803-WA0017.jpg

Monitoring dan evaluasi pelayanan kesehatan tradisional TOGA (Taman Obat Keluarga) pada masa pandemi Covid-19 di Kelurahan Moodu Kota Gorontalo, Rabu (29/07/2020).

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melalui Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional melaksanakan monitoring dan evaluasi pelayanan kesehatan tradisional TOGA (Taman Obat Keluarga) pada masa pandemi Covid-19 di Kelurahan Moodu Kota Gorontalo, Rabu (29/07/2020).

Monitoring dan evaluasi ini bertujuan untuk melihat hasil pemetaan dan pemanfataan serta dengar pendapat yang diperoleh dari kunjungan langsung.

“Dari kunjungan ke rumah warga dapat dilihat berbagai macam masalah dan kendala sehubungan dengan program penanaman dan pemanfaatan TOGA di lapangan sehingga dapat diambil solusi, agar program sosialisasi mencapai keberhasilan”, ujar Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional, Nisma Abdurrahman, SKM, M.Kes.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Seksi Pelayanan Kesehatan Primer & Tradisional Dikes Provinsi, Pemegang Program Kestrad Puskesmas Kota Timur, Kepala Kelurahan Moodu beserta kader.

Salah satu warga yang dipantau pada kelompok tanaman obat di Kelurahan Moodu yaitu Bapak Yunus. Beliau adalah battra yang membudidayakan tanaman obat di Kelurahan Moodu.

“Jenis tanaman obat yang dimiliki Pak Yunus kurang lebih 300 macam yang bisa dimanfaatkan menjadi ramuan tradisional. Dan tanaman tersebut juga dikelola oleh Kelompok TOGA beserta Tim Penggerak PKK Kelurahan Moodu”, pungkas Nisma

Rilis : Neki / Andi
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × five =

scroll to top