Mobil Laboratorium Bergerak Swab PCR Tiba di Gorontalo

IMG-20210603-WA0006.jpg

Mobil laboratorium bergerak surveilans untuk pemeriksaan RT-PCR tiba di Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Kamis (03/06/2021).

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Setelah menempuh perjalanan sekitar 15 jam dari Manado akhirnya Mobil Laboratorium Bergerak Surveilans tiba di Kota Gorontalo, Kamis (03/06/2021) dini hari tadi.

Mobil Laboratorium bergerak surveilans ini adalah bantuan Kementerian Kesehatan RI yang akan di tempatkan di Gorontalo dalam rangka mendukung penanganan Covid-19 khususnya dalam pemeriksaan swab test PCR.

Menurut Kepala Menurut Kepala Balai Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Kemenkes RI Manado Suharto, SKM, M.Kes bahwa mobil ini akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam upaya meningkatkan 3 T (Testing, Tracing dan Treatment) penanganan Covid-19 di Provinsi Gorontalo.

“Karena di Provinsi Gorontalo hanya ada 1 (satu) laboratorium pemeriksa swab test Covid-19 yaitu BPOM Gorontalo, sehingga Kemenkes RI memandang perlu menempatkan Laboratorium Bergerak yang akan mendukung dan menunjang pemeriksaan swab test Covid-19 di Gorontalo” kata Suharto.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, SH., mengapresiasi dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Kemenkes RI melalui BTKL Manado.

“Atas nama pemerintah Provinsi Gorontalo, pak Gubernur mengucapkan terima kasih atas bantuan mobil laboratorium bergerak surveilans tersebut”, ucap dr. Yana.

Kadinkes berharap mobil ini bisa mendukung upaya pemerintah Provinsi dalam meningkatkan kemampuan Tes, Lacak dan Isolasi.

“Penemuan kasus penting dilakukan dengan melakukan surveilans aktif dan dengan adanya mobil laboratorium ini diharapkan dapat membantu utamanya Kabupaten dan Kota”, jelas dr. Yana.

Mobil Laboratorium Bergerak ini untuk sementara akan ditempatkan di halaman parkir Dinkes Provinsi Gorontalo, sambil mempersiapkan tempat yang representatif sebagai tempat pelayanan pemeriksaan swab test Covid-19 di Balai Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Gorontalo.

Sementara itu, Plh Kepala Labkesda Provinsi Gorontalo Yamin Ahsan, SKM, M.Kes, menjelaskan sebelum mobil digunakan akan dilakukan On The Job Training (OJT) bagi petugas pemeriksa swab test Covid-19 untuk tenaga Analis Kesehatan, Driver, tenaga teknis dan admin/IT serta tenaga surveilans yang akan menjadi pengelola Mobil Laboratorium Bergerak tersebut.

Rilis : MD
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − twelve =

scroll to top