Keberhasilan Germas Diukur dengan Menurunnya Angka Kesakitan

WhatsApp-Image-2022-12-20-at-20.47.44.jpg

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Yana Yanti Suleman membuka Pertemuan Implementasi Kebijakan Germas bersama Lintas Sektor di Provinsi Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Yanti Suleman menilai keberhasilan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dapat diukur dengan menurunnya angka kesakitan di masyarakat. Hal itu disampaikan saat membuka pertemuan Implementasi Kebijakan Germas bersama Lintas Sektor, Senin (18/12/2022) di Hotel Damhil Kota Gorontalo.

“Jangan sampai setiap tahun keluar peraturan Germas di Provinsi Gorontalo, apa gunanya peraturan tersebut kemudian tidak ada hasilnya toh provinsi Gorontalo peringkat teratas angka kesakitan akibat penyakit,” ucap Yana.

Germas, kata Yana dapat difokuskan pada kesehatan reproduksi remaja dalam upaya pencegahan stunting.

“Terkait dengan stunting Germas ini lebih dititikberatkan pada perempuan, jadi wanita usia subur mulai dari remaja, siap menikah dan ibu hamil tentunya sampai melahirkan. Insya Allah menjamin dua atau tiga generasi kedepan dengan hanya memelihara kesehatan remaja hingga melahirkan,” kata Yana.

Yana berharap pertemuan ini dengan focus group discussion agar Germas ke depan menjadi prioritas dan memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

“Salah satu indikator yang bisa diukur misalnya menurunnya angka perokok di masyarakat sebagai faktor risiko penyakit tidak menular, selain itu meningkatkan konsumsi sayur dan buah serta melakukan aktifitas fisik demi Gorontalo sehat dan unggul,” pungkasnya.

Peserta yang hadir sebanyak 23 orang terdiri dari Bappeda Provinsi dan Kabupaten/Kota, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota serta perwakilan organisasi perempuan.

Rilis : MD
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 1 =

scroll to top
Bahasa »