Investigasi KIPI Wujud Tanggung Jawab Program Imunisasi

IMG-20190110-WA0020.jpg

Tim Gerak Cepat Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo saat melakukan investigasi KIPI di Kecamatan Biluhu, Kamis (10/01/19)

Oleh : Kristin Ningrum Alaina, SKM
Focal Point KIPI Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo

Mendengar KIPI, pikiran kita langsung mengarah kepada hal-hal negatif yang berhubungan dengan pelayanan imunisasi atau vaksinasi.
Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) adalah semua kejadian yang terjadi setelah anak diimunisasi baik yang berhubungan dengan tindakan pemberian imunisasi maupun yang tidak ada hubungan sama sekali.

Kementerian Kesehatan RI melalui Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dalam menjalankan program kesehatan termasuk program imunisasi selalu diikuti dengan monitoring dan evaluasi sebagai upaya utk mengetahui dampak dan kualitas pelayanan dimasyarakat. Sebagai contoh pada Kamis (10/01/2019) Tim Gerak Cepat Dinkes Provinsi dan Kabupaten Gorontalo melakukan investigasi kasus KIPI di wilayah Puskesmas Biluhu, sebagai tindak lanjut laporan yang disampaikan oleh petugas di lapangan yang merupakan hasil kegiatan surveilans KIPI. Kegiatan investigasi ini selain untuk memastikan pasien mendapatkan pelayanan sesuai prosedur juga untuk melakukan kajian apakah kriteria kasus KIPI yang dilaporkan.

Klasifikasi kasus KIPI menurut WHO berupa reaksi yang berkaitan dengan produk vaksin, reaksi yang berkaitan dengan kualitas vaksin, kesalahan dalam pemberian imunisasi, reaksi kecemasan atau kejadian yang kebetulan bersamaan. Hasil investigasi kasus KIPI serius akan dilaporkan melalui website keamanan vaksin yang kemudian di analisis oleh ahli yang tergabung dalam KOMNAS PP KIPI yang kemudian akan menerbitkan berita acara hasil kajian. Untuk KIPI non serius seperti demam ringan, kemerahan dan bengkak di area suntikan dilaporkan secara rutin oleh petugas bersamaan dengan pelaporan cakupan imunisasi rutin.

Pada kegiatan investigasi dilakukan wawancara kepada orang tua bayi, petugas puskesmas termasuk observasi dan pemeriksaan rantai vaksin (cold chain). Selain itu, kegiatan surveilan KIPI dan investigasi digaan kasus KIPI merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah terhadap pelaksanaan imunisasi sehingga kualitas program dapat terus ditingkatkan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat khususnya dalam Provinsi Gorontalo

Tim gerak cepat bersama Bayi dan Ibunya yang dilaporkan mengalami KIPI

Ketua Komisi Daerah Pencegahan dan Penanggulangan KIPI (KOMDA PP KIPI) Provinsi Gorontalo dr Ufy Trisnawaty, Sp.A menyampaikan bahwa sebagian besar kasus dugaan KIPI serius yang dilaporkan di Provinsi gorontalo merupakan kejadian yang terjadi secara bersamaan atau KO-INSIDEN, selebihnya adalah KIPI non serius. (TIK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 2 =

scroll to top