IFP Rutin Lakukan Follow Up, Pelaporan Selena 2023 Capai 100%

IMG-20240301-WA0011.jpg

Ketua Tim Kerja Kefarmasian, Alkes dan PKRT Instalasi Farmasi Provinsi Darmayanti Polapa.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo berhasil mencapai 100% pelaporan Sistem Elektronik Pengelolaan dan Pelayanan Kesehatan Kefarmasian (Selena) di tahun 2023.

Selena merupakan Sistem Elektronik Pengelolaan dan Pelayanan Kesehatan Kefarmasian, Selena adalah pelaporan terkait 40 indikator obat-obatan dari Kementerian Kesehatan. Pengisian Selena dilakukan oleh 93 puskesmas yang ada di kabupaten/ kota.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Kerja Kefarmasian, Alat Kesehatan dan PKRT Instalasi Farmasi Provinsi (IFP) Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Darmayanti Polapa, Jum’at (1/03/2024) di Instalasi Farmasi Provinsi (IFP).

“Selena, Instalasi Farmasi Provinsi Gorontalo capai 100% karena setiap bulan selalu ada pelaporan dan rekapan pelayanan kefarmasian setiap tiga bulan sekali dilakukan Kementerian Kesehatan,” ungkap Maya sapaan akrabnya.

Menurutnya, pencapaian ini berkat komitmen dan konsistensi pengelola program dalam melakukan input pelaporan setiap bulan melalui aplikasi Selena.

“Selain itu, kami melakukan monitoring dan follow up ke Instalasi Farmasi Kabupaten/Kota hingga puskesmas memastikan pengelola farmasi menginput pelaporan di aplikasi ” ujar Maya.

Instalasi farmasi mempunyai 40 item obat program kemudian obat pelayanan dasar, obat program seperti obat TBC, obat Kesehatan Jiwa, dan vaksin imunisasi dasar lengkap termasuk vaksin yang digunakan untuk orang dewasa.

“Jumlah obat yang disalurkan sesuai dengan permintaan, dipuskesmas ada formularium apa yang mereka butuhkan. 40 item itu hanya sampling dari total obat yang ada dipuskesmas itu memang ketentuan dari Kementerian Kesehatan,” ungkap Maya.

Untuk kegiatan rutin IFP yaitu melayani permintaan obat dari Instalasi Farmasi Kabupaten/Kota yang didistribusikan setiap bulan.

“Jika Kabupaten/Kota mengirimkan permintaan obat kami distribusikan sesuai persediaan yang ada itu adalah salah satu bentuk pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Provinsi,” pungkasnya.

Rilis : Salsa/ILB
Editor : Nancy Pembengo/MD

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × one =

scroll to top
Bahasa »