Dinkes Provinsi Lakukan Skrining Kesehatan di 3 OPD Provinsi dan SMA

IMG-20231009-WA0020.jpg

Skrining Kesehatan pegawai Dinas Kominfo dan Perhubungan Provinsi.

Kabupaten Bone Bolango, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melakukan skrining kesehatan jiwa, Penyakit Tidak Menular (PTM) dalam hal ini pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, asam urat dan gula darah serta pemeriksaan sadanis di tiga OPD lingkup Pemerintah Provinsi yaitu Dinas Kominfo dan Statistik, Dinas Perhubungan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

“Nah kegiatan ini dalam rangka persiapan untuk peringatan hari kesehatan jiwa sedunia dan ini juga kami lakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan di lingkungan ASN Provinsi Gorontalo dan juga selain itu juga dilakukan di BUMD Provinsi Gorontalo,” kata Kabid Kesehatan Masyarakat, Erni N. Mansur, Senin (09/10/2023) di Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi.

Skrining Kesehatan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi.

Kegiatan ini, menurut Erni akan dilaksanakan di OPD lain sehingga data skrining ini bisa digunakan oleh ASN dalam melakukan upaya pencegahan maupun pemeriksaan lebih lanjut.

“Dan rencana ini kita akan lakukan selama satu bulan penuh jadi insya Allah seluruh OPD akan dilakukan juga skrining,” ungkap Erni.

Ditempat yang sama, Sekretaris Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi, Sandra Mangindaan memberikan apresiasi atas pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

“Jadi ini memang banyak manfaatnya apalagi bagi kita seorang ibu, bisa sangat membantu kita untuk skrining kesehatan apalagi berkaitan dengan skrining kejiwaan itu juga sangat bermanfaat bagi teman-teman yang ada di Dinas Kominfo, mungkin pharapan saya ke depan insya Allah kegiatan ini bisa berlanjut,” ucap Sandra saat diwawancarai.

Selain melakukan skrining di 3 (tiga) OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango, tim dari Dinas Kesehatan Provinsi juga melakukan skrining di SMA Negeri 1 Tapa yang menyasar siswa dan siswi.

Skrining kesehatan di SMA Negeri 1 Tapa.

Kepala SMA Negeri 1 Tapa, Syarifudin Abdullah menyambut baik kegiatan ini sehingga bisa memberikan masukan dan informasi tentang kesehatan jiwa warga sekolah.

“Saya berharap dengan skrining kejiwaan ini dan kegiatan kesehatan lainnya bisa berkesinambungan dan dilaksanakan rutin di sekolah kami sekali lagi ucapan terima kasih kepala Dinas Kesehatan yang telah memberikan pelayanan ini ke kami dan juga kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Gorontalo yang juga memberikan rekomendasi ke sekolah kami,” pungkasnya.

Hasil skrining Kesehatan jiwa di 3 (tiga) OPD yaitu 86 orang mengisi google form dan Skrining PTM di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan 40 orang dan
Skrining Sadanis 17 orang. Sedangkan Dinas Kominfo dan Perhubungan Skrining PTM diikuti oleh 73 orang.

Untuk hasil di SMA Negeri 1 Tapa sebanyak 95 siswa dan siswi diskrining tekanan darah dan mengisi lembar skrining kesehatan jiwa dengan hasil normal 70 orang, abnormal 15 orang dan bordeline 5 orang. Dari hasil pemeriksaan sadanis pada siswi ditemukan satu orang yang dicurigai kanker payudara dan perut dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Rilis : MD
Videografer/Foto : ILB/Aripin
Video Editor : Reza
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × three =

scroll to top
Bahasa »