Dinkes Provinsi Dorong Kabupaten Gorontalo Membentuk Pokjanal Posyandu Hingga Desa

IMG-20230831-WA0010.jpg

Pembukaan Pertemuan Pembinaan Pokjanal Posyandu Di Kabupaten Gorontalo.

Kabupaten Gorontalo, Dinkesprov – Posyandu merupakan bagian dari upaya promotif dan preventif dalam rangka Integrasi Layanan Primer sebagai bagian dari Transformasi Kesehatan. Posyandu sangat penting dalam memberikan pelayanan secara komprehensif siklus kehidupan mulai dari bayi hingga lanjut usia.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Ismail Akase saat membuka Pertemuan Pembinaan Pokjanal Posyandu dalam rangka Integrasi Layanan Primer di Kabupaten Gorontalo, Kamis (31/08/2023) di Hotel Eljie Limboto.

Menurutnya, Posyandu adalah ujung tombak dan merupakan bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat yang secara teknis pelayanan berada di Dinas Kesehatan dan terintegrasi dengan layanan primer.

“Kita sudah uji coba integrasi layanan primer di puskesmas Limboto Barat dan memperoleh apresiasi dari Kementerian Kesehatan,” ungkap Ismail.

Ismail menyebut data yang ada saat ini sebanyak 432 posyandu yang ada di kabupaten Gorontalo, dimana 415 Posyandu yang aktif dan yang tidak aktif masih ada sekitar 17 posyandu. Hal ini butuh dukungan dari lintas sektor terkait agar bisa mengaktifkan kembali posyandu.

“Kehadiran bapak dan ibu ditempat ini memberikan motivasi dan dukungan dengan sumber daya yang ada agar Pokjanal ini bisa menjalankan posyandu dengan baik dan sesuai dengan kebijakan transformasi kesehatan,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo diwakili Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Nancy Pembengo berharap lintas sektor terkait yang masuk dalam tim Pokjanal Posyandu tingkat Kabupaten Gorontalo bisa mendorong terbentuknya Pokjanal di Kecamatan dan Pokja Desa/Kelurahan.

“Kami berupaya agar Pokjanal dan Pokja bisa terbentuk sampai di tingkat desa sehingga bisa segera melakukan pembenahan agar posyandu bisa segera melakukan pelayanan sesuai siklus hidup dan kader kesehatan mendapat perhatian dari pemerintah desa,” pungkas Nancy.

Rilis : MD
Foto : AIS
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × three =

scroll to top
Bahasa »