Desa Limbato Kabupaten Boalemo, Masuk Nominasi Nasional Penilaian PHBS

IMG-20210623-WA0022.jpg

Tim dari Kemenkes RI dan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo diterima Plt Bupati Boalemo Ir. H. Anas Yusuf.

Kabupaten Boalemo, Dinkesprov – Provinsi Gorontalo kembali menerima tim penilai dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), dimana Desa Limbato, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo menjadi nominasi Nasional penilaian Rumah Tangga Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat, Rabu (23/06/2021).

Tim penilai diterima Plt Bupati Boalemo, Ir. H. Anas Yusuf, menurutnya nominasi ini adalah penghargaan dari pemerintah pusat dan beliau juga memberikan apresiasi atas nama pemerintah daerah.

“Ini adalah upaya dari masyarakat yang telah terbiasa melakukan pola hidup bersih dan sehat, artinya penilaian itu memang fakta dilapangan seperti itu”, kata Anas.

Anas juga berharap mendapatkan hasil yang terbaik artinya perilaku hidup bersih dan sehat itu merupakan kebiasaan.
“Mudah-mudahan dengan dinilai tentu kita akan lihat apakah sudah sesuai dengan kriteria yang diharapkan dan tentunya masyarakat akan termotivasi, artinya PHBS tidak hanya merupakan kebiasaan tapi mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat manakala kita lakukan secara rutin dan berkesinambungan”, ungkapnya.

Sementara itu, Tim Penilai dari Kemenkes RI, dr. Marti Rahayu D. K., MKM., menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah pembinaan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.
“Kami lakukan verifikasi terhadap dokumen dan juga verifikasi langsung dilapangan untuk melihat penerapan yang sesungguhnya didaerah”, jelasnya.

Marty juga mengungkapkan selain pembinaan terkait PHBS disampaikan informasi-informasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat sehingga perilaku masyarakat berubah dan menerapkan PHBS dengan baik dan benar.

“Kalau kita lihat untuk saat ini sudah cukup bagus sesuai dokumen serta di sekretariat PHBS sudah cukup baik pula dan kita akan turun langsung ke masyarakat untuk melihat penerapan PHBS”, tutup dr. Marty.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, SH., ditempat terpisah mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas terpilihnya desa Limbato di Kabupaten Boalemo sebagai nominasi dalam penilaian rumah tangga berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Kita harapkan ini bukan hanya karena penilaian dan penghargaan tapi juga merupakan upaya bersama untuk merubah perilaku menjadi lebih bersih dan sehat terutama pada masa pandemi saat ini, PHBS merupakan upaya memutus rantai penularan Covid-19”, pungkasnya.

Rilis : ILB/AIS
Foto : Nur Ajran
Editor : Nancy Pembengo & MD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + one =

scroll to top