Capai Target STBM, dr. Yana : Strategi Pendekatan Harus Kita Pikirkan

IMG-20210226-WA0027.jpg

Kadinkes Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, SH didampingi Kasie Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja Dan Olahraga Shintia Rivai, SKM., saat diwawancarai media.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Gorontalo menargetkan 50 persen Desa/Kelurahan se-Gorontalo agar mencapai Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di tahun depan.

Target STBM ini disampaikan oleh Kepala Dinkes Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman saat orientasi monev STBM dan orientasi verifikasi desa/kelurahan STBM tingkat Provinsi Gorontalo, Kamis (25/2/2021).

Menurut dr. Yana, ada 5 pilar STBM yang menjadi dasar masyarakat dalam menjaga pola hidup bersih dan sehat sehingga mencegah penyakit menular.

” Pilar 1 Stop Buang air besar Sembarangan (SBS), pilar 2 cuci tangan pakai sabun (CTPS), pilar 3 pengamanan air minum dan makanan rumah tangga (PAMRT), pilar 4 pengelolaan sampah rumah tangga, pilar 5 pengamanan limbah rumah tangga”, ungkap dr. Yana.

Kadinkes dr. Yana mengatakan, untuk mencapai indikator STBM, Desa/Kelurahan harus memenuhi lima pilar tersebut.

“Dari Provinsi Gorontalo, 84 Desa/Kelurahan tidak lagi buang air besar sembarangan atau ODF (Open Deffication Free) untuk Desa 5 pilar STBM baru 6 Desa/Kelurahan,” bebernya.

Melalui orientasi dan evaluasi yang dilaksanakan tersebut, dr. Yana berharap target STBM dapat tercapai dengan melakukan pendekatan yang inovatif kepada masyarakat.

“Merubah perilaku masyarakat butuh strategi yang maksimal saya tadi titip ke kepala seksi kita memikirkan bagaimana strateginya karena covid-19 mengubah semua, makanya strategi pendekatan harus kita pikirkan,” ujarnya.

Rilis : Muhajir (gps)
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + 4 =

scroll to top