Dinkes Provinsi dan RSUD dr. Hasri Ainun Habibie Terbaik Pada Lomba Pemanfaatan Pekarangan Keluarga

IMG-20200819-WA0010-e1597812015169.jpg

Foto bersama Gubernur Gorontalo H. Rusli Habibie dan Para pemenang lomba Pemanfaatan Pekarangan Keluarga, Rabu (19/08/2020) bertempat di depan Rumah Jabatan Gubernur Gorontalo.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Pengumuman lomba Pemanfaatan Pekarangan Keluarga dirangkaikan dengan Gerakan Diversifikasi dan Expose UMKM Pangan Lokal dilaksanakan di depan Rumah Jabatan Gubernur Gorontalo, Rabu (19/08/2020), dimana Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo diwakili Plt Kadinkes Provinsi Misranda E. U. Nalole, M.Si menjadi terbaik III pada kategori eselon II sedangkan Direktur RSUD dr. Hasri Ainun Habibie dr. Yana Yanti Suleman terbaik II di kategori eselon III.

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Gorontalo H. Rusli Habibie, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pejabat Administrator, Pengawas dan Pelaksana yang mengikuti lomba tersebut.

Gubernur Gorontalo memberikan apresiasi dan berharap agar kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi keluarga dan masyarakat khususnya dimasa Pandemi Covid-19, sehingga kebutuhan pokok keluarga dapat dipenuhi.

“Jadi untuk belanja dapur sudah tertekan sudah nol, dia butuh cabe, bawang, ikanpun ada disitu apalagi rumah-rumah di Gorontalo luas-luas, halamannya cukup besar. Saya sudah membuat kebijakan bahwa semua masyarakat Provinsi Gorontalo yang dapat bantuan khusus dari pemerintah provinsi itu akan saya evaluasi dan saya akan berikan ketika mereka salah satunya memanfaatkan halaman rumah untuk tanaman tadi, kalau tidak saya geser ke orang lain dan mudah-mudahan pemerintah Kabupaten/Kota juga akan ikut seperti itu, jadi bareng-bareng”, ucapnya saat diwawancara.

Sementara itu, Plt Kadinkes Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole, M.Si., bersyukur atas prestasi dan penghargaan dari pemerintah dan menekankan tugas bersama untuk sosialisasi baik kepada pegawai dilingkungan Dinas Kesehatan maupun masyarakat luas dalam memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk pemenuhan pangan keluarga.

“Tugas kita bagaimana mensosialisasikan, mempromosikan tanaman obat keluarga maupun untuk pemenuhan pangan keluarga melalui Pekarangan sendiri” ungkap Misranda.

Di tempat yang sama, Direktur RSUD dr. Hasri Ainun Habibie dr. Yana Yanti Suleman mengungkapkan bahwa pemanfaatan lahan pekarangan rumah sudah dilakukan jauh sebelum pelaksanaan kegiatan ini, sehingga memang benar-benar sesuai dengan kriteria penilaian dan mendorong pemanfaatan lahan di Rumah Sakit Ainun.

“Ini sudah kami rencanakan khususnya di rumah sakit ada namannya Isolasi A tempat perawatan Covid-19 itu ada lahan yang luas jadi kami sudah secara mandiri kumpul-kumpul kemudian akan memanfaatkan lahan tersebut untuk hidroponik, jadi satu untuk kepentingan bersama dan kedua untuk kegiatan dari pasien itu sendiri” pungkasnya.

Pada kegiatan ini, selain diumumkan pemenang lomba Pemanfaatan Pekarangan Keluarga juga dilaksanakan pameran UMKM produk lokal dan tatap muka dengan Menteri pertanian secara virtual.

Rilis : MD
Videografer : ILB
Foto : AIS
Video Editor : Reza
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + thirteen =

scroll to top