Dirjen P2P Kemenkes Resmikan Gedung Wilker Kwandang

IMG-20230523-WA0005.jpg

Foto bersama Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Maxi Rondonuwu

Kabupaten Gorontalo Utara, Dinkesprov – Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Maxi Rondonuwu meresmikan Gedung Wilker Kwandang Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Gorontalo, Senin (23/05/2023).

Dalam sambutannya, Maxi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo Utara yang telah membantu kelancaran pembangunan kantor Wilker di wilayah Gorontalo Utara.

“Saat ini kita semua sedang menghadapi dinamika baru yang mudah-mudahan menjadi kebaikan kita semua yaitu WHO telah mencabut Public Health Emergency of International Concern Covid-19 dan MonkeyPox. Akan tetapi pencabutan tersebut bukan serta merta menjadikan penyebab penyakit ini hilang. WHO menyampaikan bahwa kewaspadaan terhadap lonjakan kasus perlu diwaspadai dan masih diperlukan upaya-upaya untuk mengendalikannya,” ungkap Maxi.

Salah satu upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan kekarantinaan yang dilakukan Kementerian Kesehatan adalah melakukan standarisasi terhadap fasilitas Gedung/Bangunan pada Kantor Wilker di masing-masing KKP yang akan dipenuhi secara bertahap.

“Diharapkan Kantor Wilker ini dapat berfungsi sebagaimana fungsi pada kantor induk namun dengan kapasitas standar yang disesuaikan kebutuhan,” katanya.

KKP segera disiapkan untuk mampu bersaing secara global dalam melakukan upaya detect, prevent dan response yang cepat, tepat, akurat dan transparan. Oleh karenanya perlu dilakukan upaya standarisasi sarana, prasarana, SDM, tools, kendaraan operasional, dan lain-lain maupun pembaruan terhadap standar operasinal prosedur.

Pintu masuk negara lanjut Maxi, merupakan salah satu tempat yang perlu menjadi perhatian karena disana dapat menjadi sumber masuknya penyakit dan faktor resiko kesehatan. Kantor Kesehatan Pelabuhan yang berada di pintu masuk negara termasuk pintu masuk antar wilayah merupakan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kesehatan di bawah Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yang memiliki tugas dan fungsi penting yaitu melaksanakan upaya cegah tangkal penyakit dan faktor resiko kesehatan yang berpotensi menimbulkan kejadian luar biasa atau wabah yang dapat membahayakan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai etalase negara, maka Kantor Kesehatan Pelabuhan harus memiliki wajah dan pelayanan yang prima. Salah satunya adalah sarana dan prasarana gedung yang representatif.

“Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan II Gorontalo yang telah berhasil menyelesaikan pembangunan Gedung Kantor Wilayah Kerja Kwandang berada di Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Anang S. Otoluwa menyambut baik pengresmian Gedung KKP Wilker Kwandang. Menurutnya dengan adanya KKP ini maka pintu masuk negara yang ada di pelabuhan Kwandang akan dapat meningkatkan upaya pencegahan terhadap penularan penyakit dari luar negeri.

“Ini menjadi penting bagi upaya pencegahan dan pengendalian penyakit, karena kita belajar dari beberapa kasus yang terjadi seperti flu burung dan covid-19 yang masuk, maka dengan adanya KKP Wilker Kwandang ini akan memperkuat upaya pencegahan terhadap penularan penyakit dari luar negeri,” pungkas Anang.

Rilis : MD/ILB
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 2 =

scroll to top
Bahasa »